Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengusung konsep Semangat Bahari dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Senin, mengatakan dalam mewujudkan konsep bahari itu, ia menyiapkan dua Kapal Pinisi, yakni Adama dan Tungguma.

"Untuk tahun ini kita mengusung semangat bahari. Bendera yang kita siapkan itu ribuan dan akan dibentangkan," ujarnya.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan pada peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI itu akan ada 79 bendera merah putih sepanjang 100 meter yang dibentangkan dengan total keseluruhan 8 ribu bendera.

"79 bendera sepanjang lebih 100 meter. Jadi kira-kira total panjang itu 8 ribuan yang kita bentangkan di pantai dari dua perahu pinisi," katanya.

Danny mengatakan perayaan ini tidak kalah menarik dengan sebelumnya yang mengambil tema Bunga Rampai Kemerdekaan.

Nantinya, kata dia, dua Kapal Pinisi milik Pemkot Makassar itu difungsikan untuk menarik sambungan tali bendera dari pelataran anjungan Makassar dan Bugis.

"Jadi, dua pinisi itu sampai ke pelataran Makassar, pelataran Bugis. Ini semangat persatuan, jadi merajut 79 tahun Indonesia dengan semangat para pelaut kita untuk masa depan yang lebih baik," harapnya.

Bendera sebanyak 79 lembar dengan panjang 100 meter itu akan ditarik oleh 790 pegawai Pemkot Makassar secara kolosal.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024