Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Bahtiar Baharuddin mengenakan pakaian adat Kalumpang saat memimpin upacara bendera HUT  Ke-79  RI di Kabupaten Mamuju.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih pada peringatan HUT Ke-79 RI dilaksanakan Pemprov Sulbar di anjungan Pantai Manakarra Kota Mamuju dan berlangsung khidmat, Sabtu.

Istri Gubernur Sulbar Sofha Marwah Bahtiar dan dua orang anaknya turut hadir mendampingi Gubernur Sulbar, juga mengenakan pakaian adat dari Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju.

"Peringatan upacara bendera HUT Ke-79 RI yang digelar Pemprov Sulbar untuk pertama kalinya digelar di anjungan pantai Manakarra Kota Mamuju, dan saya bangga dapat mengenakan pakaian adat Kalumpang yang menjadi kebanggaan dan kekayaan, serta menjadi salah satu ikon budaya di Provinsi Sulbar," katanya.

Gubernur mengatakan peringatan hari kemerdekaan tersebut sangat istimewa, karena dilangsungkan di tempat terbuka dan luas, sehingga dapat disaksikan langsung seluruh masyarakat Kota Mamuju.

Ia mengatakan anjungan Pantai Manakarra Kota Mamuju menjadi lokasi pelaksanaan peringatan hari kemerdekaan di Sulbar, karena posisinya berhadapan langsung dengan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ia berharap seluruh masyarakat Mamuju menjadikan momentum hari kemerdekaan ini sebagai semangat untuk terus menjalin persatuan dan membangun kebersamaan, kerukunan dan toleransi untuk memajukan pembangunan di Sulbar.

"Pemprov Sulbar berupaya agar peringatan hari kemerdekaan tidak hanya dirasakan oleh pemerintah, namun juga dirasakan kebahagiannya oleh seluruh masyarakat Sulbar," ucapnya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024