Jakarta (ANTARA) - embalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia kembali menduduki puncak klasemen sementara MotoGP 2024 setelah memenangi balapan utama Grand Prix Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu.

Juara dunia dua kali itu kini unggul 5 poin dari rival terdekatnya, Jorge Martin (Prima Pramac Racing) yang mengamankan posisi kedua pada balapan ini.

Kemenangan ini sekaligus melengkapi akhir pekan Bagnaia di Austria, setelah sehari sebelumnya meraih podium tertinggi di sesi Sprint.

Selain itu, ini juga menjadi kemenangan kedua berturut-turut Bagnaia di Sirkuit Red Bull Ring, setelah tahun lalu ia meraih pole, kemenangan Sprint, dan balapan utama.

Lebih lanjut, hal tersebut sekaligus membuat Bagnaia mencatatkan total tujuh kemenangan balapan utama di musim 2024, menyamai rekor yang ia cetak sebelumnya pada tahun lalu.

Adapun Bagnaia unggul 3,232 detik dari Martin setelah berjuang keras memperebutkan posisi terdepan.

Di sisi lain, konsistensi kuat rekan setim Bagnaia, Enea Bastianini, mengantarkannya melengkapi podium GP Austria hari ini, dengan selisih waktu 7,357 detik dari pemimpin balapan.

Di posisi keempat ada juara dunia delapan kali Marc Marquez (Gresini Racing) yang merasakan dinamika pada balapan kali ini. Mengawali balapan dari posisi ketiga, Marquez tampak kesulitan di start dan membuat posisinya terus terpuruk.

Ketidakseimbangan yang ditunjukkan Marquez membuatnya bertahan di posisi ke-13, sebelum akhirnya menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut dan nyaris merebut satu tempat di podium terakhir.

Posisi terakhir mengisi daftar lima besar diamankan oleh Brad Binder (Red Bull KTM) yang juga tampil dramatis.

Pembalap asal Afrika Selatan itu mengawali balapan dari posisi ke-12, namun performa solidnya membawanya finis sebagai pembalap tercepat kelima kali ini.

Melengkapi daftar 10 besar adalah Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46), Maverick Vinales (Aprilia Racing), Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), dan Alex Marquez (Gresini Racing).

Sedangkan lima pebalap terkuat klasemen sementara musim ini adalah Bagnaia (275 poin), Martin (270 poin), Bastianini (214 poin), Marc Marquez (192 poin), dan Vinales (139 poin).

selanjutnya adalah Grand Prix Aragon yang berlangsung pada 30-31 Agustus dan 1 September.
 


 

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024