Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan sudah memulai proses penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 dengan jumlah yang akan diterima sebanyak 186 formasi dari 700 formasi yang diusulkan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelolaan SDM Daerah (BKPSDMD) Makassar Akhmad Namsum di Makassar, Rabu, mengatakan penerimaan CPNS 2024 telah dimulai dengan rangkaian proses seleksi yang cukup panjang.

"Untuk penerimaan CPNS 2024 ini sudah kita mulai dan kuota yang disetujui dari Kemenpan-RB itu adalah 186 formasi," ujarnya.

Ahmad Namsun mengatakan jumlah tersebut lebih rendah dari usulan yang awalnya lebih dari 700 formasi sesuai dengan kebutuhan Pemkot Makassar

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kemampuan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) hanya menyetujui 186 formasi tersebut.

"Kalau usulan kita sesuai kebutuhan itu 700 lebih, tetapi Kemenpan-RB punya pertimbangan dan kalkulasi sehingga yang disetujui hanya 186 orang," katanya.

Ia menyebut dari 186 kuota yang tersedia itu, setengah dari jumlah tersebut adalah tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di berbagai Puskesmas dan RSUD Makassar, sisanya tenaga teknis.

Adapun rinciannya yakni sebanyak 64 formasi untuk tenaga kesehatan (nakes) dan 122 formasi lainnya yakni tenaga teknis.

Ia mengatakan rincian alokasi kebutuhan formasi beserta penempatan dapat dilihat pada website BKPSDM Kota Makassar melalui laman https://bkpsdmd.makassarkota.go.id/pengumuman-seleksi-calon-pegawai-negeri-sipil-pns-lingkup-pemerintah-kota-makassar-tahun-anggaran-2024/.

Adapun ketentuan umum pendaftaran, usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun saat melamar, dikecualikan bagi dokter ahli pertama dan dokter spesialis dapat melamar dengan batas usia paling tinggi 40 tahun saat melamar.

Pelamar hanya dapat melamar satu jenis pengadaan ASN, yaitu PNS atau PPPK, di satu instansi dan satu jenis jabatan dalam satu periode Tahun Anggaran 2024.

“Untuk pendaftaran seleksi CPNS melalui portal SSCASN dimulai tanggal 20 Agustus 2024 pukul 17.08.45 WIB,” ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024