Gowa (ANTARA) - Bupati Gowa Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan yang mengikuti apel gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2024-2025 yang digelar Polres Gowa berharap pengamanan maksimal mampu menciptakan pilkada serentak yang aman dan damai.

"Tidak lama lagi kita semua akan menghadapi Pilkada Serentak 2024 dan kegiatan yang dilaksanakan Polres Gowa ini adalah bagian dari upaya kita bersama menciptakan pilkada yang sejuk, aman dan tertib," ujar Adnan di Gowa, Kamis.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Gowa terus berupaya agar pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan aman, tertib dan damai serta tingginya partisipasi pemilih. 

"Seluruh pihak yang terkait mulai dari TNI, Polri, KPU, Bawaslu dan Pemerintah harus mampu bersinergi menciptakan suasana yang kondusif agar Gowa terus berada di zona hijau dalam pelaksanaan Pilkada," ungkapnya. 

Adnan menyebut pelaksanaan Pilkada tersisa kurang lebih 100 hari lagi dari sekarang, dimana hal tersebut merupakan sejarah pertama di Indonesia yakni pesta demokrasi Pilkada Gubernur Bupati/Wali Kota seluruh Indonesia dilaksanakan secara serentak. 

Pilkada serentak itu dilakukan agar terjadi sinkronisasi antara program pusat dengan provinsi, dan kabupaten/kota khususnya dalam menyambut Indonesia Emas 2045.

"Saat ini pemerintah pusat telah menyusun perencanaan 20 tahun ke depan yakni 2025 sampai tahun 2045. Sehingga mari mensukseskan Pilkada 2024 ini dengan ikut serta dalam menyalurkan hak pilih dan semoga kita semua bisa mengamankan Pilkada Kabupaten Gowa yang jatuh pada tanggal 27 November," katanya.

Sementara Kapolres Gowa AKBP RTS Simanjuntak yang bertindak sebagai pembina apel mengatakan Polri khususnya Polres Gowa menggelar Operasi Mantap Praja 2024-2025 ini bertujuan untuk mengawal dan mengamankan jalannya Pilkada mulai dari tahapan perencanaan, sampai dengan selesainya seluruh tahapan Pilkada tahun 2024- 2025. 

"Kami mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Gowa agar menjadi pemilih yang cerdas, tidak tergiur politik uang, dan semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Pilkada, baik Gubernur, maupun Bupati tahun 2024 ini untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan dan memelihara kondusifitas, situasi keamanan, dan ketertiban masyarakat selama berlangsungnya pelaksanaan Pilkada Tahun 2024," ujarnya. 

Kapolres Gowa menyampaikan Polri dengan didukung TNI, pemerintah dan unsur lainnya telah bertekad untuk berkomitmen dan  mengawal, mengamankan pelaksanaan Pilkada tahun 2024. 

Menurut dia, Pilkada 2024 merupakan proses politik yang tujuan akhirnya adalah mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gowa. 

"Mari kita selalu membangun suasana yang penuh kedamaian, dengan senantiasa mengedepankan sikap saling menghargai, dan menghormati serta berupaya menghindari terjadinya konflik dalam setiap tahapan agar Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Gowa Tahun 2024 dapat dilaksanakan dengan memberikan hasil yang baik," ujarnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024