Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuaan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Sulawesi Selatan memastikan pelaksanaan Kejuaraan Menembak Piala Kapolda Sulselbar 2014 di Makassar, baru bisa digelar seusai Pilpres.

Sekretaris Umum Perbakin Sulsel Muhammad Iqbal, di Makassar, Senin, mengatakan keputusan itu juga berdasarkan rekomendasi PB Perbakin yang meminta seluruh kejuaraan menembak dalam bentuk apapun untuk dilaksanakan setelah Pilpres, 9 Juli 2014.

"Kita sudah mendapatkan SK terkait agenda kejuaraan. Mulai dari kejuaran Piala Kapolda hingga Piala Kapolri juga baru bisa dilaksanakan setelah pemilu," jelasnya.

Penundaan ini, kata dia, tidak lepas dari komitmen Polri untuk lebih fokus dalam mengamankan Pemilu 2014. Pengprov Perbakin Sulsel juga mengaku siap menjalankan rekomendasi tersebut demi kebaikan seluruh pihak.

"Soal jadwal pastinya tentu masih menunggu petunjuk PB Perbakin. Kita juga memahami sebagai upaya mengindari hal yang tidak diinginkan. Apalagi olahraga ini memang berkaitan dengan penggunaan senjata," katanya.

Menurut dia, meskipun sudah dipastikan diundur namun pihaknya tetap mempersiapkan keperluan kejuaraan. Pihaknya juga akan mengundang 23 pencab Perbakin serta klub menembak yang tersebar di Sulsel untuk memeriahkan kejuaraan tersebut.

Pelaksanaan Piala Kapolda 2014, kata dia, merupakan upaya pengurus baru Perbakin Sulsel untuk lebih mempopulerkan dan meningkatkan prestasi atlet menembak Sulsel. Apalagi cabang olahraga menembak juga sudah mulai digemari masyarakat.

Pengprov Perbakin Sulsel juga berkomitmen memajukan pembinaan secara merata disetiap daerah di Sulsel. Pihaknya optimistis dengan upaya ini akan membuat Sulsel dapat melahirkan banyak atlet yang bisa mengharumkan nama daerah ditingkat nasional hingga internasional.

"Kami meminta seluruh pencab dan klub menembak di Sulsel untuk ambil bagian. Sebab kejuaraan ini menjadi ajang seleksi memperkuat Sulsel di Kapolri Cup 2014 yang juga merupakan babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar 2016," katanya.

Sekretaris Umum KONI Sulsel Addien, meminta komposisi baru Perbakin Sulsel bisa lebih fokus dalam mempersiapkan diri menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016.

Untuk cabang menembak Sulsel, kata dia, sejauh ini memang belum mampu menunjukkan prestasi seperti yang diharapkan. Namun pihaknya tetap optimistis cabang menembak bisa menjadi salah satu olahraga andalan Sulsel kedepan. A Budiman

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024