Mamuju (ANTARA Sulbar) - Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Barat telah siap memberangkatkan 1.142 Calon Jemaah Haji tahun 2014.

"Musim haji tahun ini kita telah memperoleh kuota Haji untuk kita berangkatkan. Besar kuota ini sesuai dengan Surat Keputusan Kemenag RI Nomor 64 Tahun 2014, tentang penatapan kuota haji 1435 H/2014," kata Kepala Bidang Urusan Haji Kemenag Sulbar, H. Misbahuddin di Mamuju, Senin.

Menurutnya, jumlah kuota yang tersedia tahun ini tentu belum bisa memeuhi harapan ummat muslim yang ingin menunaikan ibadah haji.

"Pemerintah pusat telah menetapkan pembagian kuota haji untuk 33 provinsi di Indonesia dan Sulbar mendapat kuota sebanyak 1.142 orang," katanya.

Dia mengatakan, penetapan kuota haji 2014 ini selanjutnya ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Gubernur Sulbar No 325 Tahun 2014.

Pemberangkatan ibadah haji tahun ini masih seperti tahun 2013 dan masih ada pemotongan 20 persen. Ini karena masih dilakukan perbaikan masjidil haram," katanya.

Misbahuddin mengatakan bagi yang batal berangkat tahun 2013 kemarin menjadi prioritas tahun ini untuk diberangkatkan.

Karena itu kata dia, masyarakat yang telah terdaftar dalam daftar tunggu diharapkan tetap bersabar karena kuota yang tersedia sangat terbatas.

"Kita siapkan calhaj sesuai dengan nomor urut yang telah menjadi daftar tunggu. Tidak ada istilah acak atau memberikan porsi khusus bagi calhaj tertentu. Yang pastinya, bagi calhaj yang telah mendapatkan porsi agar bisa melunasi biaya proses pemberangkatan musim haji tahun ini," katanya. M Yusuf

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024