Makassar (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Jufri Rahman berharap data yang disajikan secara berkala oleh Pusat Statistik (BPS) provinsi itu menjadi rujukan atau acuan dalam perencanaan pembangunan.

"Kami di Pemprov Sulsel sangat terbantu dan kami mengapresiasi BPS sebagai lembaga yang menyediakan berbagai data yang dibutuhkan sebagai dasar perencanaan dan pengambilan kebijakan serta alat monitoring dan evaluasi atas proses pembangunan yang telah dilakukan," ujar Jufri Rahman di sela mengikuti rilis bulanan BPS Sulsel di Makassar, Selasa.

Menurut dia, sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, BPS bertanggung jawab menyediakan statistik dasar, statistik sektoral dan statistik khusus.

Ia menyatakan data statistik yang disajikan BPS merupakan salah satu pilar penting dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan.

"Data ini bukan hanya angka, melainkan cerminan kondisi sosial ekonomi Sulawesi Selatan yang menjadi dasar bagi perencanaan dan pengambilan kebijakan," katanya.

Selain itu, berbagai nilai indikator strategis yang dirilis hari ini adalah data yang memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan, serta tersedianya parameter demografi dan karakteristik penduduk lainnya untuk menghasilkan indikator dan capaian pembangunan.

"Saya menaruh harapan yang besar atas ketersediaan data indikator strategis Sulawesi Selatan ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh segenap pemangku kepentingan, baik pemerintah, akademisi maupun masyarakat luas," katanya.

Ia berharap kepada BPS untuk proaktif meningkatkan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait agar data yang dihasilkan oleh BPS dapat dioptimalkan dalam perencanaan kebijakan dan evaluasi berbagai program pembangunan.

Jufri mengaku sesuai arahan Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakhrulloh bahwa data yang dirilis BPS dapat mengoptimalkan pembangunan berbagai sektor.

Kepada para petugas dan mitra statistik agar dapat terus meningkatkan kinerja dan komitmennya dalam setiap pendataan, sehingga menghasilkan data yang berkualitas sesuai kondisi lapangan.

"Saya mengajak semua bekerja bersama dengan data, karena dengan data kita bisa tingkatkan prestasi bangsa. Sekali lagi terima kasih kepada BPS Sulsel, semoga apa yang telah kita kerjakan memberikan manfaat bagi masyarakat dan merupakan sumbangsih kita untuk Indonesia tercinta," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024