Makassar (ANTARA) - Sebanyak 113 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dari empat universitas mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) untuk periode III di FKG Unhas.

Kepala Bidang Humas Unhas Ahmad Bahar dalam keterangannya di Makassar, Senin, mengatakan ratusan peserta ujian terdiri dari mahasiswa FKG Universitas Hasanuddin (83 orang), FKG Universitas Mulawarman (empat orang), FKG Universitas Sam Ratulangi (12 orang), dan FKG Universitas Muslim Indonesia (UMI) sebanyak 14 orang.

"Rangkaian ujian dimulai dengan Computer Based Test (CBT) yang dilaksanakan pada Sabtu (31/8) dan dilanjutkan dengan Objective Structured Clinical Examination (OSCE) pada Minggu (1/9)," ujarnya.

Ia menjelaskan penyelenggaraan UKMP2DG ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran dan Peraturan Mendikbud Nomor 30 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter atau Dokter Gigi.

Ujian ini bertujuan untuk menilai kompetensi mahasiswa dalam berbagai aspek yang berkaitan dengan praktik kedokteran gigi, baik secara teori melalui CBT maupun praktik klinis melalui OSCE (Objective Structured Clinical Examination) .

Hadir Penyelia Pusat sebagai perwakilan dari Panitia Nasional UKMP2DG yaitu Widyapramana Dwi Atmaja dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan I Putu Gede Andyka Yasadari Universitas Mahasaraswati (UNMAS) Bali.

Hadir pula sejumlah penguji eksternal yang turut berperan dalam menguji para peserta.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024