Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 130 atlet akan memperkuat Kontingen Sulawesi Selatan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Special Olympic Indonesia (Soina) di Makassar, 21-27 Juni 2014.

Ketua Pengda Soina Sulsel Adil Patu, di Makassar, Minggu, mengatakan seluruh atlet akan diturunkan pada tujuh cabang olahraga yakni atletik, renang, bulutangkis, sepak bola, tenis meja, basket dan olahraga bocce.

"Seluruh atlet kita rencanakan sudah menjalani pelatda besok (Senin). Kami tentu berharap dengan persiapan yang lebih maksimal akan semkin menjaga peluang Sulsel di Pornas Soina 2014," katanya.

Terkait peluang Sulsel pada pelaksanaan yang ketujuh kalinya ini, Pengda Sulsel mengaku cukup optimistis. Selain persiapan yang cukup matang, Sulsel juga akan diuntungkan karena bertindak sebagai tuan rumah.

Meski demikian, Kontingen Sulsel juga tetap memberikan kewaspadaan terhadap beberapa tim yang sejauh ini cukup menyulitkan.

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel Hery Sumiharto, menyatakan Pornas Soina 2014 tetap mempertandingkan tujuh cabang olahraga. Khusus olahraga bocce hanya diperuntukkan bagi penyandang cacat tuna grahita yang memiliki IQ dibawah 40 atau yang terendah di antaranya yang lain.

"Pornas Soina merupakan pesta olahraga terbesar bagi para penyandang tuna grahita. Ajang ini juga akan diikuti seluruh provinsi di Indonesia," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan Pornas Soina 2014 lebih istimewa karena menjadi pertama kalinya dilaksanakan di luar Pulau Jawa. Pihaknya juga berharap dukungan seluruh masyarakat demi suksesnnya pelaksanaan.

Pada pelaksanaan 2010 di Jakarta Utara, diikuti sekira 1.500 atlet yang berasal dari 33 provinsi. Untuk pelaksanaan di Makassar, pihaknya berharap jumlah peserta mengalami peningkatan sehingga kualitas kejuaraan juga semakin ketat.

Untuk pelaksanaan Pornas Soina 2014, rencananya akan dipusatkan di Kawasan Olahraga (KOR) Sudiang Makassar. Adapun untuk cabang renang akan dilaksanakan di Kolam Renang Mattoanging Makassar.

Terkait pelaksanaan Pornas Soina, merupakan wadah bagi penyandang cacat tuna grahita untuk berkompetisi dan mengukir prestasi. Pihaknya juga berharap kejuaraan ini dapat menghasikan para juara yang bisa mengharumkan nama Indonesia kedepan.

"Pornas Soina memang menjadi kewenangan Pengurus Pusat Soina. Dispora Sulsel sesuai petunjuk kemenpora tentu siap membantu sehingga penyelenggaraan Pornas Soina bisa berjalan sukses," katanya.  Biqwanto


Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024