Makassar (ANTARA) - Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Sulawesi Selatan bersyukur sekaligus bangga karena mampu mencetak sejarah dengan mempertahankan juara umum cabang sepak takraw pada PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

"Sulsel pada PON XX 2021 di Papua berhasil keluar sebagai juara umum dengan perolehan dua emas, satu perak dan satu perunggu. Alhamdulillah, pada PON 2024 ini kembali keluar sebagai juara umum yang sekaligus sejarah bagi Sulsel," kata Ketua PSTI Sulsel Surianto dikonfirmasi dari Makassar, Minggu.

Ia mengatakan Sulsel berhak tampil sebagai juara umum cabang sepak takraw pada PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, usai mengoleksi tiga medali emas dan satu perak.

Adapun tiga medali emas Sulsel pada PON 2024 dipersembahkan dari nomor beregu putra, ganda putri dan ganda putra. Adapun medali perak diraih dari nomor tim beregu putri usai kalah dari Jatim di partai final.

"Empat nomor yang kami ikuti semuanya bisa menembus babak final dan hanya satu yang tidak meraih emas. Saya kira program pembinaan atlet telah menunjukkan hasil sesuai harapan," ujarnya.

Terkait pencapaian atlet Sulsel di PON, dirinya optimistis kembali mampu menjadi penyumbang atlet untuk bergabung dalam tim pelatnas persiapan SEA Games ataupun Asian Games ke depan.

"Sulsel sejauh ini memang cukup konsisten menyumbang atlet untuk timnas. Jika melihat pencapaian di PON 2024 maka kita berharap semakin banyak atlet kita jadi penghuni pelatnas," jelasnya.

Sekretaris Umum PTSI Sulsel Nukhrawi Nawir mengaku sangat bersyukur karena meski persiapan kurang maksimal karena minimnya bantuan KONI, namun tetap mampu mempertahankan status juara umum PON.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024