Makassar (ANTARA) - Bupati Luwu Timur, Sulsel, Budiman sekaligus Ketua PMI Kabupaten, secara resmi melantik Brigade Kemanusiaan Donor Darah Sukarela PMI tingkat desa se Kabupaten Luwu Timur yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (HUT PMI) ke-79.

Pelantikan yang berlangsung di Lapangan Bumi Perkemahan Sawerigading Sorowako, Lutim, Selasa, diikuti 3.750 peserta dan disaksikan Anggota DPRD Lutim, Kepala OPD lingkup Pemkab Lutim, para Camat se Kabupaten Luwu Timur, Kepala Desa se-Lutim hingga peserta invitasi PMR PMI se-Lutim.

Budiman dalam sambutannya mengatakan tujuan dibentuknya brigade kemanusiaan ini untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

“Peringatan HUT PMI ke-79 ini mengusung tema “Aksi Adaptasi Iklim”, dengan dibentuknya brigade kemanusiaan ini tidak hanya menjadi sukarelawan yang tanggap dalam aksi donor darah tetapi juga melakukan aksi peduli terhadap lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” tutur Budiman.

Orang nomor satu di Bumi Batara Guru ini mengajak para brigade yang sudah dilantik untuk semangat dalam meningkatkan rasa empati kepada sesama.

“Melalui momen peringatan HUT PMI ke-79, mari kita bersama saling bahu-membahu dan memperkuat solidaritas kemanusiaan karena hal ini akan mempercepat respon dan bantuan terutama dalam situasi darurat di Luwu Timur,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Lutim juga mengapresiasi atas suksesnya rangkaian kegiatan HUT PMI ke 79 tahun ini.

“Saya sebagai pemimpin daerah sangat bangga atas lancarnya acara Invitasi PMR PMI ketiga kalinya ini, semoga melalui kegiatan invitasi PMR ini, rasa persahabatan di antara PMR dari berbagai sekolah yang berbeda dapat terjalin semakin kuat, kalian adalah pemimpin PMI dan bangsa di masa mendatang,” katanya.*

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024