Makassar (ANTARA) -
Rumah BUMN BRI Makassar, Sulawesi Selatan, memfasilitasi belasan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) pemula memasarkan produknya melalui kegiatan Road to Festival UMKM.
 
Sebanyak 15 UMKM pemula binaan Rumah BUMN BRI dan tiga UMKM binaan BRI turut serta dalam kegiatan yang dilaksanakan sejak 27-29 September di area Rumah BUMN BRI Makassar.
 
Pihak Rumah BUMN BRI Makassar Ayu Anisela pada Road to Festival UMKM di Makassar, Jumat, mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi ajang perkenalan bagi UMKM pemula yang juga baru ikut bergabung sebagai binaan Rumah BUMN BRI Makassar.
 
"Dari acara ini juga menjadi bahan evaluasi, apa yang perlu dibenahi untuk memantapkan kegiatan Festival UMKM yang rencananya kami gelar di Benteng Rotterdam pada awal Oktober nanti," ujar Ayu pula.
 
Ayu menyebut bahwa ada tiga alasan yang melatarbelakangi kegiatan ini, yaitu memperkuat promosi produk, meningkatkan eksistensi produk UMKM hingga menambah pengalaman dan pengetahuan para milenial yang melaksanakan magang di Rumah BUMN BRI terkait wirausaha.
 
"Kegiatan ini diinisiasi para mahasiswa magang yang juga antusias memperkenalkan produk-produk UMKM ke khalayak. Salah satunya kegiatan yang berlangsung sekarang dan Festival UMKM," kata Ayu.
 
Selain itu, kegiatan tiga hari ini yang digelar di pelataran Rumah BUMN Makassar tersebut, juga untuk memberikan pengalaman bagi UMKM pemula mengikuti kegiatan ekspo dan festival, agar memiliki daya saing untuk berinovasi dengan produk masing-masing, seperti packaging, dan penentuan harga yang kompetitif.
 
Manfaat lain dari sisi UMKM ialah kolaborasi yang dihadirkan BRI dalam menyiapkan permodalan bagi UMKM potensial.
 
Penanggungjawab kegiatan Muhammad Angga menyampaikan Road to Festival UMKM yang diwarnai dengan berbagai kegiatan, seperti workshop, live mural, live music, give and games serta lainnya.
 
Menurut Angga, pihaknya ingin ikut andil dalam pengembangan ekonomi para UMKM dan menggencarkan promosi produk milik UMKM serta promosi Rumah BUMN Makassar, sehingga bersama temannya menggelar Road to Festival UMKM.
 
Festival UMKM akan digelar pada awal Oktober mendatang yang akan menghadirkan sekitar 45 pelaku UMKM.
 
"Kami juga akan bekerjasama dengan berbagai mahasiswa di Kota Makassar yang tujuannya mempromosikan produk UMKM dan RB BRI," kata dia lagi.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024