Makassar, Sulsel (ANTARA) -
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (UID Sulselrabar) akan menambah 34 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) hingga akhir 2024.
 
General Manager PLN UID Sulselrabar Budiono di Makassar, Sulsel, Senin, menyampaikan saat ini telah tersedia 30 unit SPKLU.
 
"Saat ini ada SPKLU 30 unit dan dalam waktu dekat ini akan kita tambah lagi 34 SPKLU, sehingga ini akan memudahkan dan memberi kenyamanan untuk masyarakat yang sudah menggunakan mobil listrik ataupun sepeda motor listrik," ujarnya.
 
Khusus pada 2024, sudah ada 10 SPKLU yang telah dibangun dan 34 lagi akan dibangun di tiga provinsi pada wilayah kerja PLN UID Sulselrabar hingga akhir tahun, sehingga total SPKLU yang akan dibangun PLN sebanyak 44 unit selama tahun ini.
 
Pembangunan puluhan SPKLU ini menelan anggaran sebanyak Rp8 miliar.
 
Dengan komitmen PLN ini, Budiono mengajak seluruh masyarakat mulai beralih ke mobil listrik karena telah menyiapkan infrastruktur untuk kendaraan listrik. "Apalagi ada 10 SPKLU pada Oktober ini yang akan kami bangun," tambahnya.
 
Adapun rencana pembangunan SPKLU di masing-masing daerah, yakni Kota Makassar 13 unit, Kabupaten Maros 2 unit, Pangkep 1 unit, Parepare 2 unit, Pinrang 2 unit, Palopo 3 unit, Watampone 2 unit, Bulukumba 3 unit, Mamuju 4 unit, dan Kendari 2 unit.
 
Budiono juga menyampaikan bahwa PLN senantiasa mengajak masyarakat ikut menjaga bumi dengan penggunaan energi terbarukan.

"Kita mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta menjaga bumi ini dengan program energi sertifikat," katanya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024