Makassar (ANTARA) - Walikota Parepare Abdul Hayat Gani mengatakan Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) menopang perekonomian Kota Parepare melalui biaya sewa stadion dan juga efek domino dari keberadaan stadion tersebut. 

"Kehadiran Stadion Gelora BJ Habibie di Parepare ini menopang perekonomian karena salah satu dampak ekonominya adalah memberikan pemasukan PAD dari biaya sewa stadion yang mencapai Rp30 juta per sekali sewa," kata Abdul hayat saat dikonfirmasi dari Makassar, Jumat.

Dia mengatakan untuk mendukung perekonomian di Parepare dilakukan renovasi stadion GBH yang kini progresnya sudah mencapai 54 persen.

Oleh karena itu, dia optimistis perencanaan yang telah disiapkan untuk pengembangan stadion GBH akan menjadi lebih baik dan dampaknya memiliki efek domino terhadap perkembangan perekonomian di kota niaga ini. 

Mengingat UMKM di sekitarnya turut berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat dalam memanfaatkan stadion GBH. 

Selain memberikan dampak ekonomi,  kehadiran stadion GBH juga dipandang meningkatkan industri sepak bola titik mengingat Parepare dikenal sebagai kota dengan talenta sepak bola yang kuat khususnya karena berkaitan erat dengan PSM Makassar.

Hal tersebut dibenarkan oleh pemerhati olahraga di Kota Parepare Abdul Husain. 

Dia mengatakan pemerintah dan masyarakat Parepare mendukung persepakbolaan sehingga keberadaan stadion GBH menjadi penyemangat untuk memajukan persepakbolaan di Kota Parepare maupun daerah di sekitarnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024