Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah ibu kota provinsi berawan tebal pada Selasa.

Prakirawan BMKG Nurul Tazaroh pada kanal Youtube yang diikuti di Jakarta menyampaikan, dimulai dari wilayah Sumatera, cuaca di Banda Aceh, Padang, dan Tanjung Pinang diprakirakan hujan ringan, sedangkan Pekanbaru berawan tebal.

“Masih di Pulau Sumatera, diprakirakan udara kabur di Jambi dan Bengkulu, berawan di Pangkal Pinang, berawan tebal di Palembang, dan hujan sedang di Lampung,” katanya.

Ia meminta masyarakat waspada hujan lebat yang berpotensi terjadi di Kota Medan.

Beralih ke Pulau Jawa, diprakirakan cuaca cerah berawan di Kota Yogyakarta, sedangkan Serang berawan, dan Bandung diprediksi hujan ringan.

“Sementara Kota Jakarta, Semarang, dan Surabaya diprakirakan berawan tebal,” ucapnya.

Selanjutnya beralih ke Pulau Bali serta Nusa Tenggara, diprakirakan berawan untuk wilayah Denpasar, sedangkan Mataram cerah berawan, dan Kupang berawan tebal.

"Kemudian beralih ke Pulau Kalimantan, diprakirakan cuaca berawan di Palangkaraya, dan berawan tebal di Banjarmasin,” ujar dia.

Nurul meminta masyarakat waspada hujan disertai petir yang berpotensi terjadi di wilayah Tanjung Selor, Pontianak, dan Samarinda.

Selanjutnya bergeser ke Pulau Sulawesi, diprakirakan cuaca berawan di Makassar, berawan tebal di Gorontalo, hujan ringan di Palu, serta hujan sedang di Kendari.

"Waspada hujan disertai petir di wilayah Mamuju dan Manado,” tuturnya.

Selanjutnya di wilayah Indonesia bagian Timur, diprakirakan udara kabur di Jayapura, serta hujan ringan di wilayah Ternate, Sorong, Manokwari, dan Jayawijaya.

"Sedangkan hujan sedang diprakirakan terjadi di Ambon, Nabire, dan Merauke," ucapnya.

Untuk suhu udara, umumnya berkisar antara 16-35 derajat Celcius dengan kelembapan udara berkisar antara 42-99 persen.
 

Pewarta : Lintang Budiyanti Prameswari
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024