Makassar (ANTARA) - Pemprov Sulawesi Selatan menyelenggarakan pameran dan kontes bonsai dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Jadi ke-355 Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2024.

Berbagai karya bonsai indah dan unik akan dipamerkan serta bersaing dalam kontes yang menarik, bertajuk Ewako Bonsai Sulsel 2024. Kontes ini memperebutkan Piala Gubernur Sulsel. Persatuan Pencinta Bonsai Indonesia (PPBI) dan Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) mendukung kegiatan ini.

"Saya mendukung pelaksanaan pameran dan kontes ini dalam rangka ulang tahun Sulawesi Selatan, biar ini menjadi ikon baru bahwa setiap bulan Oktober ada festival ini," kata Penjabat Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangannya di Makassar, Selasa.

Ia berharap atraksi ini dapat memberikan inspirasi dan keindahan bagi pengunjung yang hadir untuk merayakan keindahan alam yang bersatu dalam seni membonsai.

Zudan Arif yang juga merupakan Ketua Umum Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) mengharapkan, event ini dipersiapkan dengan baik. "Kita siapkan dengan bagus, biar ini menjadi festival tahunan," ujarnya.

Ketua Panitia Ewako Bonsai Sulsel 2024, Syahrir Madeali menjelaskan, kontes berskala nasional ini didukung oleh Persatuan Pencinta Bonsai Indonesia (PPBI) Sulsel yang
juga rutin mengadakan kontes sejak tahun 2021.

"Jadi selain pemeran, yang ditampilkan adalah bonsai yang diperlombakan, untuk memperoleh Best in Show untuk yang meraih Piala Gubernur," ujarnya.

Terdapat tiga kelas yakni, Bahan (Prospek), Pratama dan Madya. Setiap kategori akan dicari hingga 10 terbaik.

"Ini yang pertama kali, pertama dilaksanakan di Makassar untuk Piala Gubernur," ungkapnya.

Mereka yang akan menjuri adalah juri nasional dari beberapa daerah, yakni, Jakarta, Bali, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

"Estimasi jumlah ada 500 pohon yang dilombakan sekaligus dipamerkan," pungkasnya.

Untuk umum, masyarakat dapat melihat pameran bonsai usai penjurian di Mal Phinisi Point Makassar, 26-27 Oktober 2024. Di selang waktu tersebut juga terdapat sarasehan, demo bonsai dan doorprize .

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024