Makassar (ANTARA) -
Pelari Sulawesi Selatan Syamsuddin Massa berhasil meraih juara tiga dalam kategori Men's Half Marathon yang digelar PT PLN (Persero) dalam acara PLN Electric Run 2024 di Scientia Square Park, Gading Serpong, Tangerang, Minggu (6/10).
 
Syamsuddin di Makassar, Selasa mengaku bangga atas pencapaiannya dan turut mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan.
 
"Acara ini sangat baik karena mengedukasi banyak orang untuk menjaga alam. PLN menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan, karena melalui lari kita dapat berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon," ujar Syamsuddin yang juga merupakan Brand Ambassador PLN Runner di Makassar.
 
Acara yang bertajuk ‘Power Up Togetherness’ ini tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga simbol kebersamaan dalam mendukung keberlanjutan dan aksi nyata dalam menjaga lingkungan. Acara ini diikuti oleh 6.470 pelari dan berhasil berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon sebesar 14.363 kilogram (kg) CO2.
 
Para peserta terdiri dari masyarakat umum, pelajar, komunitas pelari, pegawai PLN, hingga atlet nasional yang berlaga di PON. Mereka berpartisipasi dalam tiga kategori jarak, yaitu 5K, 10K, dan half marathon.
 
Pada kesempatan berbeda, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Budiono, mengatakan bahwa PLN UID Sulselrabar sangat mendukung gaya hidup sehat dan ramah lingkungan, salah satunya melalui olahraga lari.
 
Ia menambahkan, komitmen ini diwujudkan dengan mendukung atlet lari berprestasi di Makassar untuk berpartisipasi dalam ajang lari bergengsi nasional, salah satunya PLN Electric Run 2024
 
"Alhamdulillah, atlet lari asal Sulawesi Selatan yang kami dukung berhasil meraih podium. Hal ini sangat membanggakan dan membuktikan komitmen kami dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan," ujar Budiono.
 
Ia juga menekankan bahwa lari dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak. PLN melakukan hal ini untuk memastikan bahwa generasi mendatang hidup lebih baik dari generasi saat ini.
 
Pengurangan emisi melalui PLN Electric Run 2024 dicapai dari aktivitas berlari, yang merupakan mobilitas tanpa emisi. Jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan berbasis BBM yang menghasilkan emisi 2,4 kg CO2 per 10 kilometer, total jarak yang ditempuh oleh 6.470 pelari ini mampu mengurangi emisi sebesar 14.363 kg CO2.
 
Jumlah peserta dan pengurangan emisi ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, di mana pada tahun 2023 jumlah peserta mencapai 5.000 orang dengan pengurangan emisi sebesar 11.880 kg CO2.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024