Makassar (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan menggelar Pesta Rakyat Pesisir dan Festival UMKM Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2024 sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan sektor pariwisata Selayar.
 
Festival UMKM ini melibatkan sebanyak 70 peserta yang didominasi oleh penyedia makanan dan minuman. Mereka akan menjajakan produknya sejak 7-11 Oktober 2024 di Selayar.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Arafah, Selasa, mewakili Pj Gubernur Sulsel secara resmi membuka Pesta Rakyat Pesisir dan Festival UMKM Kabupaten Kepulauan Selayar Tahun 2024, di Taman Pelangi Benteng.
 
“Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate yang memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia harus kita eksplore agar menjadi primadona di Indonesia,” ucap Muhammad Arafah dalam rilis tertulisnya.
 
Pesta Rakyat Pesisir dan Festival UMKM ini merupakan rangkaian pendukung event utama pariwisata Selayar, yakni festival Taka Bonerate Tahun 2024.
 
Arafah menyebut beberapa gubernur sebelumnya memiliki atensi khusus untuk Kepulauan Selayar. Hal ini disampaikan mengingat Selayar memiliki daya Tarik yang luar biasa khususnya di bidang pariwisata, terutama Kawasan Taman nasional Taka Bonerate yang harus dieksplore dan di-viral-kan diberbagai di media sosial.
 
Pada kesempatan ini, Arafah menyampaikan bahwa Pj Gubernur Sulsel meminta secara khusus kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk melakukan tiga hal dalam rangka peningkatan pariwisata, yaitu aksebilitas, amenitas, dan atraksi.
 
“Kita telah membangun akses yang begitu banyak, namun kendala terakhir kita adalah bagaimana penerbangan dari Makassar-Selayar bisa terlaksana dengan cepat," ujar dia.
 
Sekda Kepulauan Selayar Mesdiyono mengakatan di tempat yang berbeda akan dilaksanakan pembukaan Festifal Taka Bonerate (FTB) 2024 yang berpusat di Pulau Jinato, salah satu pulau dalam Kawasan Taman Nasional Takabonerate. Disebutkan, FTB 2024 itu berisikan sejumlah kegiatan, diantaranya eksplorasi Taka Bonerate dan dive camp.
 
“Keduanya bertujuan untuk memperkenalkan keindahan darat dan bawah laut Taman Nasional Taka Bonerate kepada wisatawan yang menjadi peserta event tersebut,” kata dia.
 
Sementara untuk pesta rakyat pesisir, kata Mesdiyono, berisikan berbagai kegiatan lomba dan hiburan. Terdiri dari lomba mancing tradisional, lomba lagu daerah, lomba cerita rakyat, lomba lagu dangdut, dan lomba tari kreasi pelajar Pancasila. Uniknya kata dia, beberapa lomba salah satu kategorinya seluruh penonton yang hadir akan diajak berpartisipasi unruk menjadi juri dengan cara voting melalui aplikasi QRIS
 
“Jika di Taman Nasional Taka Bonerate ada eksplorasi terumbu karang, maka di Taman Pelangi juga ada eksplorasi kuliner. Jika lupa bawa dompet tidak masalah yang penting bawa smartphone yang punya aplikasi dompet digital, karena kita akan membayar melalui QRIS di masing-masing UMKM,” ujarnya.
 
Sekda berharap dengan pesta rakyat pesisir dan festival UMKM dapat terwujud multiplier effect atau penciptaan dampak ekonomi yang berganda dan positif.
 
 
 
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024