Gowa (ANTARA) - Bupati Gowa Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan yang menghadiri Pelantikan Pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kabupaten Gowa Masa Bakti 2024-2029, meminta kepada pengurus agar rutin melakukan edukasi kesehatan jantung kepada masyarakat.

"Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang tidak menular, namun akan bisa terkena jika tidak memiliki pola hidup yang sehat sejak dini, sehingga kami minta bisa memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat agar permasalahan jantung atau kardiovaskular bisa ditekan di Kabupaten Gowa," ujarnya di Gowa, Rabu.

Adnan Purichta Ichsan menjelaskan, masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang kesehatan jantung dan makan yang sehat menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah maupun pengurus Yayasan Jantung Indonesia.

Karena itu, dia meminta bantuan dan kerja sama dari YJI agar mampu memberikan kontribusi terbaiknya kepada Kabupaten Gowa khususnya di bidang kesehatan.

Sementara Ketua Yayasan Jantung Indonesia Kabupaten Gowa,Tri Octaviyani yang baru saja dilantik menyebutkan, pihaknya akan ikut berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Gowa, terlebih untuk mengurangi angka penderita penyakit jantung dan pembuluh darah.

"Ini akan menjadi PR buat kami sehingga program kerja prioritas yang kita lakukan adalah usaha promotif atau penyuluhan, edukasi, dan kampanye terhadap bagaimana upaya kita untuk membangun kesadaran masyarakat untuk bisa menjadi sehat," katanya.

Tri Octaviani juga menuturkan, berbagai kegiatan bisa dilakukan untuk pencegahan seperti olahraga, jalan santai, naik sepeda dan olahraga lainnya yang tidak membutuhkan tenaga besar.

Dia menyampaikan saat ini Gowa telah memiliki 17 Klub Jantung Sehat, dan akan terus bertambah karena klub YJI ini yang akan berhubungan langsung dengan masyarakat dalam upaya menyadarkan, memberikan pengetahuan, dan mengajak masyarakat umum untuk berpola hidup sehat dengan melakukan olahraga jantung sehat secara teratur, terukur, terarah, dan terawasi, agar masyarakat terhindar dari penyakit jantung dan pembuluh darah.

"Harapan kami dengan adanya pengurus Kabupaten Gowa akan memberikan kontribusi kepada Pemerintah Kabupaten Gowa dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat," katanya.

Pelantikan pengurus YJI Cabang Kabupaten Gowa Masa Bakti 2024-2029 sebanyak 34 orang itu dilakukan langsung oleh Ketua I YJI Sulsel, Sittiara, dan disaksikan langsung oleh Bupati Gowa dan berbagai organisasi sosial di Kabupaten Gowa.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024