Makassar (ANTARA) - TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-122 Tahun Anggaran 2024 di wilayah Kodim 1425/Jeneponto membantu renovasi rumah warga kurang mampu di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

"Rumah milik keluarga Ibu Maintang Dg Kebe yang berlokasi di Dusun Ba’do Pangkaya Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto jadi sasaran rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) program TMMD ke-122 TA 2024 Kodim 1425 Jeneponto," kata Dansatgas TMMD ke 122 TA 2024 Kodim 1425/Jeneponto Letkol Inf Muhammad Amin dalam keterangan persnya di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, keberadaaan RTLH itu diketahui dari Babinsa Serda Muh Ali, selaku aparat kewilayahan bersama aparat pemerintah Desa Tuju.

Setelah meninjau beberapa rumah keluarga yang kurang mampu, maka rumah Milik Ibu Maintang Dg Kebe yang dipilih dan direncanakan untuk direnovasi.

Maintang adalah warga yang kurang mampu dan bangunan rumahnya yang berdinding dari anyaman bambu sudah lapuk dan atapnya pun juga bocor bocor akibat termakan usia.

Dansatgas TMMD ke 122 TA 2024 Kodim 1425/Jeneponto akhirna menetapkan rumah milik Maintang sebagai sasaran RTLH.

Rumah perempuan tiga perempat abad itu dikerjakan mulai dari nol dan dibangun kembali. Faktor keselamatan penghuni rumah menjadi pertimbangan, sehingga rumah dibongkar total untuk dibangun ulang.

“Alhamdulillah, progres pengerjaan RTLH terus bertamha berkat dukungan dan semangat gotong-royong dari satgas TMMD bersama warga setempat," ujarnya.

Dandim 1425/Jeneponto menjelaskan, Rehab RTLH merupakan program unggulan dari Bapak Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan sasaran tambahan pada pelaksanaan TMMD ke 122 TA 2024 Kodim 1425/Jeneponto.

“Mudah-mudahan mulai pembukaan TMMD sampai akhir kegiatan, pembangunan RTLH ini dapat terselesaikan sesuai target," katanya.

Dia mengatakan, setelah rampung pemilik rumah nantinya mendapatkan rumah yang layak huni dan sehat untuk dapat ditempati dalam jangka waktu yang lama, termasuk juga program lainnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024