Makassar (ANTARA) - Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bersama Bawaslu Kabupaten Gowa Sulsel mengajak pemilih pemula pahami hak dan tanggung jawab sebagai pemilih.

Koordinator KKP Unismuh Amina dalam keterangannya di Makassar, Selasa, mengatakan kegiatan sosialisasi yang digelar bersama Bawaslu di SMU Gowa, bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa tentang pentingnya partisipasi dalam pemilu.

"Program ini bertujuan membekali siswa dengan pemahaman mengenai hak dan tanggung jawab sebagai pemilih. Kami ingin generasi muda lebih aktif terlibat dalam demokrasi, dan kegiatan ini adalah langkah awal,” ujar Amina.

Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Gowa Muhammad Alyafi berharap para siswa memahami pentingnya peran mereka dalam pemilu.

“Semoga dengan sosialisasi ini, siswa bisa lebih sadar akan hak mereka sebagai pemilih,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Sahabuddin S SPdi menyampaikan harapannya agar para siswa bisa menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab.

“Kami berharap apa yang disampaikan hari ini bisa menjadi bekal mereka dalam menghadapi pemilu mendatang,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, dua pemateri hadir untuk memberikan pemahaman lebih mendalam.

Anggota Bawaslu Gowa Suhardi Kamaruddin menyampaikan materi tentang hak dan kewajiban pemilih, proses pemilu, serta dampak partisipasi dalam demokrasi. 

Sementara itu, Akademisi Unismuh Makassar Dr Nur Wahid, SSos MSi, dalam kesempatan itu membawakan materi tentang kriteria pemimpin yang baik, merujuk pada sifat-sifat kepemimpinan Nabi Muhammad: As-Siddiq, Amanah, Tabliq, dan Fatanah.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024