Mamuju (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat berkomitmen menjadi pelopor dan agen perubahan yang inspiratif dalam mendukung program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

"Sebagai mitra pemerintah, kita harus mampu menjadi pelopor dan agen perubahan yang inspiratif," kata Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulbar Sofha Marwah pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK, di Mamuju, Rabu.

Ia menyampaikan bahwa HKG tahun ini merupakan momentum penting untuk semakin meningkatkan kinerja PKK yang menjadi mitra kerja utama bagi pemerintah, sehingga ke depannya TP PKK akan bekerja semakin profesional dalam mensosialisasikan dan melaksanakan dengan perannya tersebut.

"Memperingati HKG PKK haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya gerakan PKK," ujar Sofha Marwah.

Pola pendekatan pemberdayaan keluarga yang bertumpu pada penggerakan peran serta masyarakat menurut Sofha Marwah, harus menjadi ciri khas Tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan.

Hal itu lanjutnya, akan menjadi modal sosial yang besar dalam proses pembangunan untuk meningkatkan peran serta atau partisipasi masyarakat dalam pembangunan, yang sejalan dengan prinsip dasar dari gotong-royong yang merupakan warisan budaya bangsa.

"Tim Penggerak PKK berkewajiban secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan program pemerintah," ujarnya.

Sasaran pencapaian program pemerintah, kata Sofha Marwah, perlu didorong melalui peran nyata gerakan PKK sebagai gerakan dalam pembangunan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga dan masyarakat yang sejahtera dalam menghadapi dinamika pembangunan.

Sofha Marwah berharap kepada seluruh keluarga besar Tim Penggerak PKK di Sulbar, untuk tetap berpegang pada prinsip dan semangat mengabdi sebagai mitra kerja pemerintah.

"Gelorakanlah dan jaga terus semangat kebersamaan untuk bergerak bersama bagi kebajikan seluruh umat dan seluruh keluarga serta lingkungan kita," kata Sofha Marwah.

Pada peringatan HKG ke-52 PKK yang mengangkat tema 'Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju' itu, TP PKK Sulbar melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya pameran, pasar murah serta anjangsana peduli balita dan warga lanjut usia.

Pada anjangsana peduli balita dan warga lanjut usia tersebut, TP PKK Sulbar menyerahkan 100 paket bantuan kebutuhan pokok dan 100 paket stunting.*

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024