Jakarta (ANTARA Sulbar) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Barat, H.Agussalim Tamadjoe, menyampaikan, akan ikut mempersentasekaan terkait rencana pembangunan rel keret api di kawasan pulau Sulawesi.

"Saat ini saya sedang mengikuti pertemuan Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS) pada acara Sulawesi Expo yang digelar di gedung UKM Center di Jakarta," kata Kepala Bappeda Sulbar, H.Agussalim Tamadjoe saat berada di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, pertemuan ini awalnya akan dihadiri langsung gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh. Namun karena ada kesibukan yang tak kalah pentingnya, maka ia diamanatkan untuk mewakili beliau dalam pertemuan itu.

"Acara ini sangat penting untuk kita ikuti. Apalagi, pak gubernur saat ini menjabat selaku ketua BKPRS. Kita berharap, pertemuan ini akan menghasilkan kesepakatan-kesepakatan untuk mendorong percepatan pembangunan di pulau Sulawesi khususnya di Sulbar selaku provinsi otonom baru yang saat ini menapaki usia 10 tahun," kata Agussalim.

Mantan Kepala ESDM Sulbar ini mengatakan, ada tiga agenda penting yang akan menjadi topik pembicaraan dalam forum BKPRS, diantaranya menyangkut pembangunan infrastruktur jalan Arteri, pembangunan bandara udara Sumarorong di Kabupaten Mamasa, pengembangan bandara udara Tampapadang di Mamuju dan terakhir rencana pembangunan tahap pertama rel kereta api.

"Pembangunan rel kereta api akan dilaksanakan tiga tahap yakni tahap pertama dimulai dari rute Majene-Mamuju, kemudian rute Mamuju ke Mamuju Utara dan rute ketiga dari Majene ke kabupaten Polman," ujar Agus.

Pertemuan BKPRS kali ini kata dia, juga membahas rencana pembangunan untuk mendukung program Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia koridor Sulawesi (MP3EI).

Program ini kata dia, sekaligus mendukung pencapaian program gubernur Sulbar hingga akhir jabatan tahun 2016, untuk kelancaran moda transportasi udara, darat dan laut. ES Syafei

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024