Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim judo Sulawesi Selatan berhasil merebut empat tiket PON Remaja pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja di Ciloto, Jawa Barat, Minggu.

Manajer Judo Sulsel, Azis Parassa, saat dihubungi dari Makassar, mengatakan, empat atlet yang berhak berlaga di ajang olahraga remaja terbesar di Indonesia itu yakni Muhammad Rafli (kelas 60 kg), Gilang Ramadhan (kelas 55 kg), Nadia Sulistya (kelas 52 kg putri) serta Herlin Puspa di kelas 63 kg putri.

"Hanya Nur Islamiyah di kelas 44 kg putri yang gagal meraih tiket PON Remaja. Sementara empat atlet lainnya masuk posisi 12 besar yang menjadi batas lolos tidaknya atlet ke PON Remaja, Desember nanti," katanya.

Meski merebut tiket PON Remaja, namun Sulsel gagal meraih satu medali pun pada ajang tersebut. Nadia yang sebelumnya diandalkan meraih medali ternyata kurang bisa mengeluarkan kemampuan terbaik karena terkena gejala tifus.

Mengenai hasil tersebut, pihaknya mengaku siap mengevaluasi agar bisa lebih bersaing di PON Remaja Jatim 2014. Sekretaris Umum Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sulsel juga berharap hasil ini tidak mempengaruhi mental dan motivasi atlet yang sudah meraih tiket PON Remaja 2014.

"Untuk Nadia, kita masih cukup optimistis bisa bersaing di PON Remaja. Adapun hasil kurang maksimal dibabak kualifikasi karena memang kondisinya yang tidak mendukung. Kami juga baru mengetahui setelah sudah berada di tempat pertandingan," katanya.

Sekretaris Umum KONI Sulsel Addien, sebelumnya mengatakan, pihaknya hanya akan mengakomodir atlet yang dinilai berpotensi merebut medali di ajang olahraga remaja yang pertama kalinya digelar tersebut.

KONI Sulsel sejauh ini memang belum bisa memastikan berapa jumlah atlet termasuk cabang olahraga yang akan diikuti karena masih fokus melihat perkembangan setiap atlet.

KONI Sulsel, lanjut dia, juga akan menerapkan kebijakan yang sama terhadap cabang yang akan berlaga pada babak kualifikasi PON Remaja 2014. Pihaknya tidak akan menurunkan tim jika dinilai belum layak bersaing dengan tim lain.

"Sudah ada petunjuk tentang beberapa cabang yang akan menggelar babak kualifikasi seperti anggar, sepak bola, renang, judo, termasuk voli. Kita akan melihat lagi kondisi atlet dari setiap cabang sebelum memutuskan memberangkatkan," ujarnya.  FC Kuen

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024