Mamuju (ANTARA Sulbar) - Gubernur Sulawesi Barat menyampaikan dirinya akan terus memperjuangkan pembangunan jalan poros antara Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat menuju Kabupaten Tana Toraja (Tator), Provinsi Sulawesi Selatan.

"Tekad saya akan membangun jalan tembus Tator tidak akan surut dan pemerintah di Sulbar telah berhasil meningkatkan jalan poros antara Mamasa menuju Tator menjadi jalan nasional," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, dengan menjadi jalan nasional maka jalan antara Mamasa tembus menuju Tator akan semakin mudah dibangun karena pemerintah ditingkat pusat akan memberikan bantuan untuk pembangunannya.

"Kalau sudah menjadi jalan nasional pemerintah pusat juga tidak akan memiliki beban membantu anggaran pembangunannya, sehingga pemerintah tetap optimistis jalan itu akan dibangun," katanya.

Menurut dia, pemerintah sangat berharap tahun depan jalan antara Mamasa menuju Kabupaten Tator dapat dikerjakan agar akses transportasi masyarakat di sulbar semakin memadai dengan dibangunnya jalan itu.

Ia berharap ketika jalan poros antara Mamasa dan Toraja sudah dibangun dan lancar dilalui kendaraan maka sektor pariwisata di Mamasa yang menjadi daerah destinasi wilayah di Provinsi Sulbar dapat dikembangkan melalui kerjasama dengan Pemerintah di Tana Toraja yang sudah terkenal memiliki aneka kekayaan budaya yang menarik dikunjungi wisatawan lokal dan manca negara.

"Mamasa memiliki aset budaya yang tinggi menyerupai dengan kebuadayaan yang ada di Kabupaten Tana Toraja yang sudah terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan asing, sehingga apabila infrastruktur jalan dibangun pemerintah melalui bantuan pemerintah pusat antara dua Kabupaten itu sektor pariwisata akan semakin tumbuh," katanya.

Ia berharap sektor pariwisata akan memacu peningkatan ekonomi Sulbar dengan rencana pembangunan infrastruktur jalan Mamasa-Tana Toraja itu, dan aktivitas ekonomi masyarakat akan meningkat pula dengan infrastruktur itu. FC Kuen

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024