Kupang (ANTARA Sulsel) - Wakil Bupati Lembata, Nusa Tenggara Timur, Viktor Mado Watun mengatakan tidak ada formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk daerah itu tahun 2014 ini.

"Tahun ini Kabupaten Lembata tidak ada formasi CPNS karena tidak ada usulan ke pemerintah pusat. Pemerintah kabupaten masih melakukan analisa jabatan untuk bisa menemukan berapa besar formasi yang dibutuhkan untuk daerah ini," kata Viktor Mado Watun, Senin terkait formasi CPNS 2014.

Kabupaten Lembata merupakan satu-satunya kabupaten dari 21 kabupaten di provinsi kepulauan NTT yang tidak mendapat formasi CPNS tahun 2014.

Menurut dia, proses analisas jabatan masih belum rampung sehingga tahun ini tidak mengajukan formasi penerimaan CPNSD.

Dia menjelaskan, untuk mengajukan formasi CPNS, perlu didahului dengan analisa jabatan untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan PNS di daerah ini.

"Pemda Lembata bukannya tidak mau mengajukan formasi CPNSD tahun ini karena kelebihan pegawai, itu bukan alasannya. Alasannya adalah belum selesainya analisa jabatan untuk menghitung beban kerja dan kebutuhannya,¿ katanya.

Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerrah, Ignasius Ile secara terpisah menjelaskan, BKD tidak mengajukan formasi penerimaan CPNS tahun ini karena analisa jabatan dan beban kerja belum dirampungkan oleh Bagian Organisasi dan Tatalaksana (Orta).

Jika analisa jabatan dan beban kerja sudah selesai, maka BKD akan mengajukan formasi ke pemerintah pusat, katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Emanuel Kara dalam keterangan terpisah mengatakan, hanya Kabupaten Lembata saja yang tidak mengajukan permohonan untuk penerimaan PNS tahun ini.

"Saya tidak tahu apa alasan pemerintah Kabupaten Lembata. Mungkin mereka sudah kelebihan pegawai," katanya.

Dia menjelaskan proses untuk mendapatkan jatah formasi CPNS adalah pengajuan dari kabupaten sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing. Pengajuan dilakukan langsung ke Kemenpan di Jakarta. Z. Meirina

Pewarta : Bernadus Tokan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024