Makassar (ANTARA Sulsel) - Otoritas Pelabuhan Utama Kota Makassar bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan rencana pemindahan dan perampungan terminal penumpang dari Pelabuhan Makassar ke Pelabuhan Boddia, Kabupaten Takalar pada 2018.

"Berdasarkan rencana dan konsep Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) koridor Sulawesi untuk New Port ini akan kita rampungkan tahun 2018, tetapi khusus untuk pelabuhan penumpangnya," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, Masykur Sultan di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, konsep MP3EI koridor Sulawesi untuk pembangunan New Port of Makassar, Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru dan Pelabuhan Boddia, Kabupaten Takalar direncanakan hingga 30 tahun.

Khusus untuk pelabuhan terminal penumpang Boddia, Takalar yang dipusatkan di Kecamatan Galesong itu target perampungannya hingga 2018, agar aktivitas kepelabuhanan di Makassar tidak terganggu karena bercampurnya semua dalam satu pelabuhan.

Pada Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, terdapat dua aktivitas yakni bongkar muat di Pelabuhan Petikemas Hatta dan aktivitas bongkar mua penumpang di Pelabuhan Soekarno.

"Dalam satu areal pelabuhan ada dua aktivitas, sehingga ini yang jadi permasalahannya untuk segera dipisahkan dan lokasi yang paling tepat itu adalah memisah antara penumpang dan petikemas," katanya.

Pelabuhan yang terletak sekitar 40 kilometer (km) di pesisir pantai arah selatan dari kota Makassar tersebut direncanakan nanti untuk menggantikan posisi pelabuhan penumpang di kota Makassar, ibukota Provinsi Sulsel.

Dermaga penumpang Makassar nantinya akan fokus dikembangan menjadi terminal petikemas dan otomotif. Tahun 2014 ini, menurut informasi Otoritas Pelabuhan Makassar, sudah tersedia dana dari pemerintah pusat untuk merampungkan penyelesaiaan pembuatan studi kelayakan serta penyusunan amdal Pelabuhan Boddia.

Rencana pemindahan pelabuhan penumpang dari kota Makassar ke Boddia di wilayah Galesong kabupaten Takalar merupakan rangkaian dari rencana program pengembangan kota modern terpadu Mamminasata, meliputi Kota Makassar, Kota Sungguminasa (Kabupaten Gowa), Kota Maros (Kabupaten Maros) dan kota Takalar (Kabupaten Takalar).

Sementara itu, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, I Nyoman Gede Saputra mengatakan, perluasan dan pengembangan pelabuhan baru di Makassar masuk dalam konsep MP3EI koridor Sulawesi.

"Sampai saat ini, kita masih dalam tahap kajian dan segera untuk pelaksanaan pembangunannya, sedangkan mengenai anggaran kita belum sampaik kesana," katanya. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024