Mamuju, (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, berharap agar Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Jusuf Kalla, tetap memprioritaskan proyek pembangunan "Mamuju Arterial Road To Support Belang-Belang International Port".

Sebab jalan itu merupakan jalan arteri yang menghubungkan langsung pusat pemerintahan di daerah, kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Sabtu.

"Saat ini proyek jalan Arteri telah dalam tahap pembangunan yang dilaksanakan para kontraktor yang memenangkan proyek ini. Pembangunan jalan ini diharapkan mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat, khususnya dari pasangan capres terpilih Jokowi-JK," kata Gubernur.

Menurut Anwar, jalan arteri ini akan menjadi kebanggaan dan menjadi ikon dan tujuan wisata pilihan bagi masyarakat Indonesia khususnya yang ada di Pulau Sulawesi.

"Sepanjang jalan arteri ini kelak akan menjadi sarana wisata dan akan menjadi tempat pemberangkatan event Sandeq Race di masa mendatang. Karena itu, teman-teman dari Balai Bina Marga untuk bersama-sama bekerja keras untuk menuntaskan proyek kebanggaan masyarakat Sulbar ini," ucap Anwar.

Gubernur dua periode ini menyampaikan, proyek ini ditargetkan tuntas dalam waktu tiga tahun kedepan.

Jika tidak ada aral melintang kata dia, maka proyek jalan arteri ini akan ditinjau langsung kondisi proyek arteri saat kungjungan JK ke Mamuju pada 22 September 2014.

"Pak JK akan datang ke Mamuju dalam rangkaian HUT Sulbar yang telah memasuki usia ke 10 tahun. Kesempatan ini akan dimanfaatkan dengan melakukan rangkaian kegiatan termasuk peninjauan lokasi jalan arteri ini," ujar Anwar.

Jalan arteri Sulbar merupakan jalan yang dibangun pemerintah di Sulbar dengan menggunakan anggaran APBN sebesar Rp100 miliar, jalan itu dibangun menyisir pantai Kota Mamuju dari kantor Gubernur Sulbar menuju kantor DPRD Mamuju sepanjang 4,5 kilometer dan lebar 20 meter.

Ia mengatakan, kedatangan JK sekaligus membuka secara resmi pameran pembangunan memperingati HUT Sulbar yang dipusatkan di Stadion Sulbar yang terletak di Kelurahan Rangas Kota Mamuju.

Pada puncak peringatan HUT X Sulbar, masyarakat Sulbar juga akan dihibur Raja Dangdut Rhoma Irama yang dijadwalkan akan hadir di Sulbar, juga Ratu Dangdut Elvy Sukaesih.

Selain itu akan hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu juga dijadwalkan akan menghadiri karnaval budaya yang digelar pada peringatan HUT Sulbar. FC Kuen

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024