Makassar (ANTARA Sulsel) - Tiga pesilat Sulawesi Selatan dipastikan merebut tiket Popnas 2015 setelah mereka melaju ke babak final Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Powil) IV di Kupang, Nusa Tenggara Timur, 11-17 Oktober 2014.

Humas Dispora Sulsel Jabal, saat dihubungi dari Makassar, Sulsel, Selasa, mengatakan tiga pesilat Sulsel itu masing-masing Nurul Mutmainnah (kelas A putri), Andini Muslim (kelas B putri) serta Ardiansyah yang turun di kelas B putra.

"Kita sejauh ini sudah meloloskan tiga atlet ke Popnas 2015. Jumlah ini masih berpeluang besar bertambah karena beberapa atlet baru akan menjalani pertandingan kedepan," jelasnya.

Nurul Mutmainnah, kata dia, sudah berlaga di babak final dan berhasil merebut medali perak setelah kalah dari Dona Almalia Citra pesilat dari Jawa Timur (Jatim). Sementara Andini dan Ardiansyah baru akan tampil di partai final Rabu.

Mengenai lawan yang akan dihadapi di babak final, dirinya mengaku masih menunggu pertandingan yang lain. Hanya saja, menurut dia, siapapun yang akan dihadapi atlet Sulsel sepatutnya diwaspadai karena dipastikan memiliki kualitas.

Terkait peluang keduanya meraih medali emas, pihaknya mengaku cukup optimistis. Apalagi kedua atlet tersebut memang sudah memiliki pengalaman disejumlah kejuaraan baik lokal dan nasional.

"Tiga medali perak sudah ada ditangan. Namun peluang kedua atlet tentu masih terbuka lebar karena baru akan menjalani pertandingan final besok," katanya.

Pelatih Silat Sulsel Saoda Akib mengatakan, apa yang diraih atletnya sejauh ini sudah sesuai yang diharapkan. Pihaknya juga berharap keberhasilan ketiga atlet merebut tiket ke Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Jakarta 2015 bisa berimbas pada atlet yang lain.

Ketua Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel Heri Sumiharto, mengatakan dari Dari lima cabang olahraga yang diikuti, Sulsel tetap berharap banyak dari cabang pencak silat. Bahkan pihaknya berharap bisa merebut sekira 10 medali emas dari cabang olahraga bela diri tersebut.

Selain silat, Sulsel juga bereluang menyumbangkan medali dari cabang sepak takraw. Apalagi sepak takraw baru saja merebut medali perunggu pada kejuaraan nasional antar-Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) 2014.

"Silat mempertandingkan banyak kelas sehingga peluang merebut medali juga lebih besar. Kita berharap seluruh atlet tetap fokus dan menjaga motivasinya," ujarnya. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024