Mamuju (ANTARA Sulbar) - Sulawesi Barat mendapatkan bantuan hibah sebesar 30 juta dolar dari Amerika Serikat pada 2014 untuk pengembangan kakao dan kopi Kabupaten Mamasa dan Polewali Mandar.

Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Kamis, mengatakan anggaran itu digunakan untuk peningkatan mutu dan kualitas kakao dan pengembangan tanaman kopi agar terus meningkat.

"Pemerintah Amerika dan pemerintah Provinsi Sulbar telah menjalin kerja sama di berbagai bidang, dan Amerika menghibahkan dananya sebesar 600 juta dolar untuk Sulbar, separuh dari anggaran itu digunakan mengembangkan kakao dan kopi di Polewali Mandar dan Mamasa sebesar 30 juta dolar," katanya.

Ia berharap anggaran itu dapat digunakan dengan baik dan digunakan dengan memaksimalkan pengawasannya sehingga anggaran tersebut dapat bermanfaat dan mengembangkan kakao dan kopi di Sulbar.

Menurut dia, pengembangan kakao dan kopi sebagai komoditi perkebunan di Sulbar terus dilaksanakan agar sektor perkebunan terus mengkontribusi pertumbuhan ekonomi daerah.

"Selain menyerap tenaga kerja, juga diharapkan komoditas perkebunan tersebut menggenjot pertumbuhan ekonomi Sulbar yang mencapai 12 persen pada 2013," katanya. N Yuliastuti

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024