Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar memberikan apresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang ikut membantu aparat keamanan dalam menjaga suasana kondusif di hari Natal 2014.

"Saya bersama unsur forum komunikasi pimpinan daerah mengunjungi beberapa gereja di Makassar untuk memberikan ucapan natal serta mengunjungi posko-posko pengamanan. Saya bangga dengan tingkat toleransi masyarakat, apalagi ikut mengamankan perayaan natal," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis.

Usai memantau sejumlah gereja dan posko pengamanan operasi lilin lipu itu, wali kota juga mengunjungi rumah jabatan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Fery Abraham yang merayakan Natal di kediamannya.

Bersama Kapolrestabes, Danny sapaan akrab wali kota menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Makassar yang ikut menjaga situasi keamanan kota ini tetap kondusif.

"Ketenangan dan keamanan ini tentu didukung oleh kerja-kerja aparat kepolisian, TNI, Satpol PP dalam pengamanan. Namun sikap persaudaraan yang ditunjukkan oleh seluruh warga kota Makassar adalah kunci dari terwujudkan kedamaian di kota kita," tuturnya.

Melalui nuansa dan semangat natal, Wali Kota Makassar pun menyampaikan harapannya agar semangat tersebut mampu mempersatukan menuju Makassar menjadi dua kali tambah baik,

"Kehadiran muspida, sebagai bukti kesiapan secara bersama-sama dalam membangun dengan semangat kebersamaan," tambahnya.

Pada Malam Misa Natal di Kota Makassar, berdasarkan pantauan berlangsung aman dan khidmat. Bahkan beberapa organisasi kemasyarakatan (Ormas) ikut mengawal keamanan dibeberapa gereja.

Salah satu ormas yang ditemuai adalah Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa (Garda Bangsa) Sulawesi Selatan ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas keamanan pada malam perayaan Misa Natal.

"Garda Bangsa jauh-jauh hari sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk membantu keamanan dalam peringatan Misa Natal saudara-saudara kita yang merayakannya," ujar Sekretaris Garda Banga Sulsel, Alamsyah Dg Pasau.

Ia mengatakan, kegiatan pengamanan yang telah dikoordinasikan dengan pihak keamanan itu untuk memberikan rasa aman bagi umat Kristen dalam menjalankan ibadah.

Dia menyebutkan, pengamanan bukan hanya pada kegiatan Misa Natal umat Kristen tetapi juga acara-acara keagamaan lainnya.

Kegiatan pengamanan ini juga disebutnya sebagai agenda rutin dari organisasi sayap partai Persatuan Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Alamsyah menjelaskan, pengamanan itu merupakan agenda kemanusiaan, sebab persaudaraan bukan hanya persaudaraan agama secara internal, tetapi persaudaraan kemanusiaan.

"Garda Bangsa sebagai organisasi kepemudaan yang mengusung ideologi nasionalis-religius senantiasa siap mengawal pluralisme dan kerukunan antarumat beragama," jelasnya. ES Syafei

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024