Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim verifikasi PT Liga Indonesia menyatakan kondisi Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Sulawesi Selatan, masih banyak kekurangan dan perlu dibenahi agar bisa lolos menggelar kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2015-2016.

Tim Verifikasi PT Liga Indonesia, Barry Timohti di Makassar, Senin, mengatakan beberapa hal yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi Manajemen PSM dan YOSS selaku pengelola stadion di antaranya pembuatan jalur khusus pemain, wasit dan juga media.

Selain itu, pembuatan jalur evakuasi yang harus ditambah. Saat ini, kata dia, Stadion berkapasitas 15 ribu penonton itu hanya memiliki satu jalur evakuasi atau tim medis.

"Jalur evakuasi yang sesuai standar yakni minimal empat jalur. Ini tentu harus menjadi fokus bagi pengelola dan manajemen PSM untuk segera membuatnya," jelasnya.

Untuk menyelesaikan atau melengkapi item yang dianggap masih kurang, tim verifikasi memberikan waktu bagi tim PSM kurang lebih satu bulan ke depan atau sebelum kompetisi bergulir.

Jika pihak pengelola atau manajemen PSM tidak dapat memenuhi persyaratan itu, lanjut dia, peluang untuk menggunakan stadion bersejarah tersebut akan sulit terwujud. Dirinya juga mengaku soal layak atau tidaknya stadion itu digunakan diserahkan ke PT Liga Indonesia untuk menentukannya.

Sementara untuk kondisi lapangan, pihaknya mengaku sudah cukup memenuhi standar. Adapun kondisi lampu, menurut dia, harus memenuhi standar minimal 800 lux.

"Dari beberapa kekurangan yang kita dapatkan, persoalan jalur evakuasi tentu menjadi hal yang tersulit. Kita sebagai tim verifikasi hanya memberikan masukan ke PSM dan akan melaporkan temuan ini ke PT Liga," katanya.

Tim verifikasi PT Liga Indonesia yang lain, Surya, menjelaskan ada beberapa yang diverifikasi untuk mengikuti liga Indonesia, termasuk stadion, lapangan latihan, sekretariatnya. Kemudian manajemen tim, administrasi, sportion ( pembinaan usia muda), dan finansial keuangan.

"Lapangan latihan yang kita verifikasi yakni Lapangan Hasanuddin, Karebosi, lapangan Bosowa Sport," ujar Surya.

Untuk penentuan lolos atau tidaknya verifikasi tersebut, pihaknya belum bisa memberikan kejelasan pastinya. Alasannya, setelah melakukan verifikasi, dirinya langsung menyetor data- data yang diverifikasi ke PT Liga Indonesia.

"Kita belum bisa pastikan kapan hasil verifikasi ke luar. Kemungkinan sepekan atau dua pekan ke depan," kata Surya. T Susilo

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024