Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kepada pihak-pihak yang telah mengusulkan dirinya menjadi ketua partai politik.

"Saya berterima kasih karena sudah ada beberapa pihak yang mendukung saya untuk memimpin partai politik. Saya selalu katakan, berikanlah kepada ahlinya," ujarnya saat dihubungi telepon genggamnya dari Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Ramdhan Pomanto mengatakan, dirinya ingin fokus pada pekerjaannya saat ini memimpin kota Makassar yang baru berjalan beberapa bulan, apalagi beberapa program yang direncanakan belum banyak yang terealisasi.

Mantan ahli tata ruang kota ini dalam beberapa kesempatan selalu menilai jika dirinya belum berbuat untuk kota Makassar dan ingin fokus dalam pekerjaannya serta memberikan kesempatan kepada figur-figur lain yang lebih kompeten untuk memimpin parpol.

Seperti diketahui Partai Golkar dan Partai Demokrat belakangan ini menggadang-gadang Danny Pomanto untuk memimpin partainya. Kedua partai besar ini menggadang mantan arsitek itu untuk memimpin partai pada perhelatan musda partai berlambang beringin dan mercy tersebut.

Kabag Humas Pemkot Makassar Tenri Andi Palallo mengatakan, Wali Kota Makassar menyampaikan masih ingin fokus mengurus kota Makassar. Apalagi Wali Kota Makassar ini tidak jauh dari politik karena sebagai kapasitas pembina politik.

"Pak wali memang selalu disangkut pautkan dengan politik karena memang beliau itu adalah pembina politik, meskipun bukan tokoh politik," kata Tenri Palallo.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Makassar mempersilakan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto datang ke sekretariat untuk mendaftarkan dirinya sebagai anggota jika menginginkan kursi ketua Golkar.

"Pintu terbuka lebar bagi siapa saja, termasuk Danny Pomanto (wali kota) jika ingin menjadi ketua," ujar Ketua Harian Golkar Makassar, Haris Yasin Limpo.

Dia mengatakan, beberapa elite partai tidak mempermasalahkan jika Ramdhan Pomanto ingin memimpin partai berlambang pohon beringin itu, asalkan sudah mendaftarkan dirinya secara resmi.

Haris menyebutkan, Musyawarah Daerah (Musda) DPD II Partai Golkar Makassar akan dilaksanakan tahun ini dan akan menjadi peluang bagi siapapun kader yang ingin maju dalam pemilihan ketua tersebut.

"Kalau Pak Danny berminat, dia harus datang mendaftar jadi kader dulu, baru mempersiapkan diri untuk maju di muscab nanti kalau memang berminat," katanya.

Menurut adik Gubernur Sulsel itu, syarat utama untuk mencalonkan diri jadi ketua adalah terdaftar sebagai kader Golkar. Syarat itu berlaku umum tanpa terkecuali.

Haris mengatakan partai bersifat menunggu bola bagi calon ketua. Sebab menurutnya, bukan kebiasaan partai menawarkan diri ke luar. Ia berharap pihak yang berminat maju agar lebih aktif.

"Kita punya banyak kader yang siap bersaing. Kenapa mesti menawarkan ke orang luar. Jadi kalau mau, yah datang baik-baik mendaftar dan menjadi kader," terangnya. T Susilo

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024