Mamuju (ANTARA Sulbar) - Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat meminta agar masyarakat di Provinsi Sulbar memaksimalkan berkebun untuk meningkatkan ketahanan pangan di Sulbar.

"Berkebun adalah pilihan bekerja paling mulia karena itu akan berguna bagi masa depan bangsa ini dengan meningkatnya pangan negara ini," kata kata sekertaris Komisi I DPRD Sulbar, Sukri Umar di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan dengan berkebun maka selain mendukung perekonomian daerah juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena harga pangan yang semakin meningkat dimasa mendatang.

Menurut dia, negara ini sangat potensial meningkatkan pangannya dengan mengajak masyarakat berkebun karena potensi lahan yang mendukung untuk mengembangkan sejumlah komoditi yang permintaannya tinggi dipasaran.

"Tanaman padi kakao palawija dan tanaman holtikultura yang paling menjanjikan dikembangkan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Oleh karena itu ia meminta masyrakat yang memiliki lahan perkebunan dapat memaksimalkan perkebunannya mengembangkan sejumlah komoditi yang dapat meningkatkan perkebunannya.

"Gunakan inovasi pertanian dalam mengembangkan lahan pertanian dan pemerintah akan mendukung upaya itu sesuai dengan kebijakan pemerintah ditingkat pusat," katanya.

Ia mengatakan, dirinya sendiri juga akan berkebun dengan memanfaatkan lahannya yang tersedia.

"Terlepas dari fungsi saya sebagai wakil rakyat saya juga akan berkebun karena itu penting memperkuat pangan negara ini dimasa mendatang," katanya. Agus Setiawan

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024