Mamuju (ANTARA Sulbar) - Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat mengharapkan agar partai politik dapat menciptakan Pilkada damai pada pelaksanakan Pilkada serentak di tiga Kabupaten Sulbar.

"Pemerintah di Sulbar berharap agar partai politik di Sulbar dapat berperan aktif menciptakan Pilkada damai yang akan digelar pada tiga Kabupaten di Sulbar diantaranya di Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju Utara pada tahun ini," kata Sekda Sulbar, Nuralam Thahir, pada acara rapat kerja Partai Demokrat Sulbar yang digelar 24-25 Januari di Mamuju, Minggu.

Acara itu dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulbar, Dr Suhardi Duka MM yang juga menjabat Bupati Mamuju, Direktur Eksekutif Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Fajar Purnama, ratusan kader dan simpatisan demokrat di Provinsi Sulbar.

Sekda mengatakan, ketentraman dan kerukunan masyarakat dalam situasi yang rukun dan damai mesti terus diciptakan agar pelaksanaan Pilkada serentak di tiga Kabupaten di Sulbar dapat berlansung demokratis jujur adil dan damai.

Ia mengatakan, parpol di Sulbar juga mesti mengusung figur yang layak dan mampu memimpin daerah kedepan agar dapat maju dan berkembang.

"Sebaiknya parpol juga melakukan uji publik terhadap setiap pigur yang akan diusung maju di pilkada, dengan memperhatikan kualitasnya yang dianggap layak memimpin daerah selama lima tahun kedepan," katanya.

Ia juga berharap agar figur yang memiliki identitas buruk, kualitas rendah, dan yang akan menggunakan politik uang tidak diusung di pilkada Mamuju

"Melakukan penyalahgunaan wewenang kampanye hitam, pelibatan birokrasi, jangan dilakukan dalam menghadapai Pilkada nanti," katanya. Agus Setiawan

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024