Manado (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Sulawesi Utara menargetkan untuk melakukan perbaikan irigasi sawah dalam tahun 2015.

"Kami akan fokus memperbaiki irigasi yang sudah banyak rusak di Kabupaten Minahasa," kata Bupati Minahasa, Jantje Wowiling Sajouw, di Manado, Senin.

Jantje mengatakan perbaikan irigasi tersebut dalam rangka menuju swasembada pangan di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut.

"Gerakan perbaikan irigasi ini, agar produksi gabah bisa meningkat sehingga swasembada pangan bisa tercapai," kata Jantje.

Bupati  Jantje Wowiling  menambahkan, irigasi yang ada di seluruh wilayah Minahasa  tahun 2015 akan menjadi skala prioritas Pemkab untuk dibersihkan, guna air yang mengalir bisa maksimal berjalan lancar dan dapat disuplai pada lahan pertanian.

"Pencanangan gerakan perbaikan irigasi demi swasembada pangan bagi masyarakat merupakan progam nasional, dan ini dilakukan serentak atas instruksi Presiden RI Jokowi," jelasnya.

Untuk itu kerja keras pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, kata Dia, sangat diharapkan dalam memajukan pertanian di tanah toar lumimuut ini, karena semua itu adalah demi kepentingan masyarakat agar bisa bercocok tanam," katanya.

Jantje menambahkan, target ke depan untuk lahan yang ada di wilayah persawahan di Tondano ini akan dilaksanakan penanaman serentak.

Diharapkannya, agar semua lahan tidur yang ada di persawahan ini supaya dibuka sehingga menjadi lahan prtoduktif.

Perbaikan irigasi ini, katanya, sejalan dengan program pemerintah pusat untuk mencapai swasembada pangan. I.K. Sutika

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024