Mamuju (ANTARA Sulbar) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Sulawesi Barat menyebut Aladin S Mengga yang kini menjabat sebagai wakil gubernur Sulbar layak untuk menjadi salah satu calon gubernur dalam pemilihan kepala daerah yang akan datang.

"Pak Aladin itu kader PDIP yang sangat potensial. Tapi hasil akhir untuk mendapatkan rekomendasi dukungan kami ada di DPP," kata Sekretaris DPD PDIP Sulbar Charles Wiseman di Mamuju, Minggu.

Menurutnya, PDIP Sulbar memprioritaskan untuk mengusung kader sendiri sebagai calon gubernur. PDIP tidak akan mengusung tokoh dari eksternal sepanjang masih ada kader PDIP yang memiliki kans besar memenangkan Pilgub.

"Kita tetap akan mendahulukan kader. Sepanjang yang bersangkutan mau maju dan siap, tentu kita akan prioritaskan," katanya.

Ia mengatakan peluang bagi Aladin cukup terbuka, apalagi Aladin saat ini menjabat sebagai orang nomor dua di pemerintahan Sulbar.

Menurut dia, syarat untuk diusung sebagai calon kepala daerah oleh PDIP adalah komitmen idiologi serta tingkat elektabilitas.

"Itu syarat mutlak bagi siapa saja yang berkeinginan menggunakan PDI Perjuangan sebagai kendaraan politik di Pilkada," katanya.

"Kita akan melihat keadaan calon itu, dari sisi idiologisnya, rekam jejak dan komitmen keberpihakannya ke rakyat. Dalam semua proses tersebut, DPP juga terlibat," kata Charles.

Mantan anggota DPRD Sulbar ini mengatakan, sampai saat ini sudah ada beberapa figur yang membuka komunikasi dengan PDIP.

"Tetapi, semuanya masih bersifat nonformal. Belum ada yang benar-benar serius," katanya. Sigit Pinardi

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024