Makassar (ANTARA Sulsel) - Celebes Research Center (CRC) merilis hasil survei terhadap 21 bakal calon kepala daerah di Kabupaten Gowa dan hasilnya klan Yasin Limpo atau keluarga Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo unggul di posisi pertama dan kedua.

"Berdasarkan survei yang dilakukan CRC untuk 21 bakal calon bupati yang akan bertarung itu, keluarga Yasin Limpo masih memimpin, apalagi survei dilakukan akhir tahun 2014," ujar Ketua Demkokrat Gowa Andi Maddusila Andi Idjo, Minggu.

Dalam survei itu, Tenri Olle Yasin Limpo dan Adnan Puritcha berada di posisi pertama dan kedua. Dukungan terhadap Tenri Olle mencapai 19,7 persen dan Adnan (16,5). Adapun Maddusila Andi Idjo yang menggunakan jasa CRC hanya berada di posisi ketiga dengan perolehan 14,8 persen.

Selanjutnya, Amir Uskara (13,3), Hairul Muin (2,9), Darmawangsyah Muin (2,8) dan Andi Kumala Andi Idjo (2,6).

Suzanna Kaharuddin (2,1), Sjahrir Sjafruddin Deng Jarung (2,1), Kapten Hariadi (2,1), Nasrun Hamdat (1,9), Abdul Latif Hafid (1,0), Muhammad Yusuf Sommeng 1,0 persen.

Kemudian Rahmansyah (0,9), Jamaluddin Rustam (0,5), Abbas Hadi (0,3), sedangkan Trie Alfiard, Muhammadong Daeng Rate, Muhammad Nurdieni Wahab, Helmiati dan M Syarif Nuh masing-masing 0,0 persen.

Maddusila dalam keterangan persnya mengatakan, survei tersebut dilakukan pada September 2014 lalu. Ketua Demokrat Gowa itu menambahkan, dengan waktu yang masih panjang ini dia yakin mampu mengejar dukungan kepada dua anggota DPRD Sulsel tersebut.

"Untuk sementara, ibu Tenri dan Adnan masih unggul dari saya. Tapi waktu masih panjang untuk bekerja," katanya.

Ia melanjutkan, ada beberapa langkah starategis yang akan dilakukan jelang pemilihan yang digelar tahun ini. Misalnya memperkuat jaringan tim dan mensolidkan kader partai hingga ketingkat bawah.

"Pelajaran pada Pilkada 2010 lalu menjadi modal utama saya," kata Maddusila yang sudah dua kali gagal dalam Pilkada sebelumnya.

Survei ini pun menyebutkan, jika hanya empat calon yang bakal maju di pemilihan tersebut. Tenri unggul di Kecamatan Bontonompo dengan perolehan 43,9 persen dan Bajeng Barat 29,5 persen suara.

Sedangkan Adnan mampu menang di Kecamatan Biringbulu dengan perolehan 43,0 persen. Sementara Maddusila unggul di Kecamatan Somba Opu dengan perolehan 22,9 persen serta di Bontomarannu 20,3 persen.

Adapun Amir Uskara unggul di Kecamatan Tombolopao dengan perolehan 22,9 persen dan di Kecamatan Bontomarannu 20,3 persen suara dari 18 kecamatan.

Menanggapi hal ini, Tenri ketika dikonfirmasi mengapresiasi hasil survei tersebut. Meski demikian, ia tidak ingin berbangga dengan hasil itu.

"Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang perihal pelarangan dinasti politik belum ditetapkan. Saya tunggu revisi perpu dulu. Setelah itu saya lakukan survei internal," jelasnya. S Muryono

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024