Gorontalo (ANTARA Sulsel) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengatakan, pelaksanaan Sail Tomini dan Festival Boalemo tahun 2015, sangat besar manfaatnya untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat.

Menurut gubernur, Jumat, Sail Tomini yang diselenggarakan bersama dengan Provinsi Sulawesi Tengah, serta Festival Boalemo di Kabupaten Boalemo itu, direncanakan akan dilaksanakan September 2015.

Namun berbagai persiapan sudah dan sementara dilakukan oleh pemerintah baik provinsi maupum kabaupaten/kota untuk menyukseskan kegiatan itu.

Rusli mengatakan, pelaksanaan Sail Tomini dan Festival Boalemo bertujuan untuk lebih memperkenalkan potensi Teluk Tomini yang melintasi 3 provinsi, yakni Gorontalo, Sulawesi Utara (Sulut) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Banyak potensi perikanan dan kelautan yang bisa kita tampilkan dan perkenalkan kepada publik melalui Sail Tomini dan Festival Boalemo nanti," kata Rusli.

Menurut dia, Sail Tomini juga akan lebih mempererat dan peningkatan hubungan kerja sama dan persaudaraan diantara 3 wilayah provinsi tersebut, karena selama ini saling menunjang satu sama lain.

Dia menjelaskan, berbagai kegiatan akan dilaksanakan pada Sail Tomini dan Festival Boalemo nanti, yang tentunya dalam naungan Kementerian perikanan dan kelautan RI, seperti bakti sosial kesehatan operasi bakti suya baskara jaya.

Gerakan membangun kampung, pameran dan promosi daerah serta seminar nasional, diplomatic tour, yacht rally, serta ekspedisi riset teluk Tomini dan publikasi media.

"Berbagai kegiatan akan dilaksanakan pada momentum tersebut, dan pemerintah Provinsi Gorontalo bertekad untuk menyukseskannya," kata Rusli.

Rusli mengharapkan, agar masyarakat di Provinsi Gorontalo untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini, karena jika ingin sukses maka kemunginan berbagai even nasional maupun internasional akan dilaksanakan di Gorontalo.

"Manfaat yang kita peroleh pada iven ini sangat besar, sehingga itu perlu dukungan dari berbagai komponen dalam menyukseskan acara ini," kata Rusli. H. Paat

Pewarta : M.F Said
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024