Makassar (ANTARA Sulsel) - Meningkatnya keresahan masyarakat mengenai kejahatan jalanan yang dilakukan oleh para kelompok pengendara bermotor langsung direspon oleh PT Bosowa dengan menyumbang sepeda motor pemburu begal.

"Kami sangat berterima kasih terhadap sejumlah korporasi di kota ini yang peduli dengan keamanan kota. Bosowa telah membantu dengan mengeluarkan CSR (dana tanggung jawab sosial) untuk pengadaan motor ini yang akan digunakan oleh pihak kepolisian," ujar Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal di Makassar, Rabu.

Bantuan motor pemburu yang diserahkan PT Bosowa yakni lima unit motor trail Kawasaki Ninja 250 cc. Bantuan itu diterima langsung oleh Wawali Makassar didampingi Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Fery Abraham.

Dia mengatakan, Pemkot Makassar tengah berupaya menggalang bantuan kepada sejumlah perusahaan, guna memamfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu dan memfasilitasi kegiatan yang dilakukan kepolisian dalam memberikan rasa aman dari tindakan kriminal jalanan.

Syamsu Rizal mengungkapkan, Pemkot telah bersurat kepada sejumlah perusahaan agar kiranya dapat menyalurkan dana CSR mereka, untuk kegiatan yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga Makassar.

"Kita memang butuh motor pemburu termasuk juga kendaraan untuk pengangkut sampah, dan ternyata Bosowa sangat merespon cepat dengan memberikan bantuan ini kepada yang tepat membutuhkannya," ungkap Deng Ical sapaan akrab Syamsu Rizal.

Menurut dia, menciptakan keamanan bukan hanya tugas dari Kepolisian, Pemerintah, RT dan RW. Namun juga merupakan tanggung jawab seluruh warga Makassar termasuk para pengusaha.

"Maka kita sangat bersyukur dengan banyaknya kepedulian para pengusaha memberikan bantuannya dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman," ungkapanya.

Deputi Direktur Produksi PT Semen Bosowa, Herry Nurwahyu mengatakan, bantuan yang diberikan diharapkan dapat dimaksimalkan Polrestabes Makassar dalam mengantisipasi tindakan kriminalitas yang dilakukan geng motor.

"Bantuan ini tidak seberapa, tapi saya yakin akan sangat membantu, terlebih kecepatan motor ini bisa kejar geng motor," katanya.

Sementara itu, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Ferry Abraham menyatakan, kehadiran lima unit motor 250 cc ini akan sangat bermanfaat bagi aparatnya dalam melaksanakan patroli siang dan malam.

Saat ini, pihaknya hanya memiliki 10 unit motor 250 cc, dengan tambahan lima unit ini, berarti Polrestabes telah memiliki 15 unit kendaraan pemburu.

"10 motor yang kita punya sudah bisa mengejar dan tembak kakinya geng motor, apalagi kalau sudah 15 motor, ini akan memicu semangat anggota kita dalam memberikan keamanan," jelasnya. FC Kuen

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024