Mamuju (ANTARA Sulbar) - Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar  Polandia, Romuald Morawski tertarik menjalin kerjasama menguntungkan dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dalam pengembangan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di wilayah tersebut.

Hal ini disampaikan Morawski saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Barat, yang berlangsung di salah satu hotel di Mamuju, Kamis.

Menurutnya, rencana kerjasama akan dilakukan setelah melakukan penjajakan lebih mendalam dengan pemerintah yang ada di Sulbar khususnya menyangkut pengelolaan potensi alam yang ada di daerah.

Ia mengatakan, kerjasama diplomatik dengan negara Indonesia telah berlangsung sejak 60 tahun atau dari 1995-2015 dalam hal kemitraan di sektor perdagangan dan investasi.

Morawski mengatakan bahwa Sulawesi Barat merupakan daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar dengan sumber kekayaan yang sangat patut disyukuri, khususnya sektor pariwisata yang terletak di daerah Mamasa yang sangat dekat dengan Tanah Toraja yang saat ini banyak menarik wisatawan mancanegara.

Selain itu, Morawski juga menyinggung terkait kekayaan alam yang sangat terkenal dengan potensi coklat dan kelapa sawit yang kini banyak di hasilkan oleh masyarakat Sulbar.

Dari segi SDM, kata dia, Polandia juga membuka ruang dalam dunia pendidikan agar pembangunan SDM yang ada di Sulbar bisa menempuh ilmu di universitas yang ada di Polandia.

Sementara Sekprov Sulbar, Jamil Barambangi mengatakan bahwa kedatangan duta besar Polandia sangat memberikan ruang kepada Sulawesi Barat untuk bisa meningkatkan SDM yang dimiliki.

Dengan adanya pertemuan ini, kata dia, diharapkan bisa memberikan ruang untuk bisa bekerjasama namun untuk saat ini belum ditentukan sektor mana yang akan dilanjutkan untuk kerjasama.

Namun, kata Jamil, Polandia akan mengunjungi tempat-tempat yang dianggap memiliki potensi untuk bisa bekerjasama apalagi diketahui bidang perdagangan dan investasi antara Polandia dan Sulawesi Barat cukup melimpah khususnya di bidang kelautan, galangan kapal, infrastuktur jalan dan pelabuhan, perlistrikan, pertambangan, perikanan, pertanian, teknologi pemprosesan makanan, teknologi hijau serta pariwisata.

Ia menambahkan, pada tahun ini TIPD akan berpartisipasi dalam pameran food dan hotel Indonesia 2015 di Jakarta.

Kementerian Polandia akan megadakan seminar promosi industri Polandia dan mengundang para pengusaha dan perwakilan Pemerintah Sulawesi Barat untuk mengunjungi stand TIPD. Agus Setiawan

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024