Mamuju (ANTARA Sulsel) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Barat periode 2014-2019 mengingatkan agar pemerintah provinsi persiapkan diri dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Tahun 2015.

"Sulbar tentu siap menghadapi MEA. Ingat daerah Sulbar pada tahun sebelumnya menjadi peringkat pertama sebagai propinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia," kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roslaeni saat menghadiri acara pelantikan pengurus Kadin Sulbar di Mamuju, Jumat.

Karena itu, kata dia, Pemprov Sulbar diharapkan ikut memberi peranan serta melakukan gebrakan-gebrakan terbaru untuk mempertahankan predikat pertumbuhan ekonomi di daerah.

Dia mengatakan geliat pertumbuhan ekonomi yang berdaya saing merupakan modal besar akan kesiapan dalam bersaing di MEA.

"Pertumbuhan ekonomi Sulbar nomor satu di Indonesia yang mencapai 8,73 persen pada tahun 2014 lalu, itu didukung dari sektor pertanian, jasa dan perdagangan. Ini yang harus dipertahankan sebagai modal untuk bersaing di MEA," ungkap Rosan.

Ia menegaskan, saat ini negara lain telah mempersiapkan diri untuk memasuki era pasar bebas Asean sehingga nantinya akan ada negara lain yang akan datang bekerja disemua sektor.

"Kita harus bersiap, negara lain seperti Kamboja dan Myanmar itu telah bersiap dengan belajar bahasa Indonesia kurang lebih dari 9000 orang. Itu merupakan persiapan mereka untuk modal bekerja disini selain kemampuan SDM nya yang lain," terangnya.

Rosan menambahkan, Indonesia merupakan sasaran utama MEA karena 50 persen perekonomian ASEAN berputar di Indonesia sehingga ia meminta, agar Sulbar mempersiapkan diri termasuk mengembangkan potensi wisata dan penguatan SDM

"Indonesia sangat jelas merupakan negara penopang perekonomian di asia sehingga persiapan harus dilakukan semua daerah termasuk Sulbar, terutama disektor pariwisata dan penguatan SDM," ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur DR.Junda Maulana menyampaikan, saat ini Sulbar terus meningkatkan perbaikan infrstruktur, peningkatan kulitas produksi pertanian dan perkebunan serta sektor pariwisata.

Junda yang juga mantan penjabat bupati karateker Mamuju Tengah ini menambahkan, persiapan SDM di Sulbar telah mulai dilakukan dengan menggelar pelatihan-pelatihan.

"Kita terus berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pembangunan dan sektor penunjang lainnya, kita juga persiapkan SDM kita melalui pelatihan-pelatihan yang dianggap mampu menjadi daya saing di MEA nantinya," tutup Junda. Agus Setiawan

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024