Makassar (ANTARA Sulsel) - PT Pos Indonesia Regional X Sulawesi- Maluku mulai menyalurkan dana bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) sebesar Rp791.642,400 miliar dengan sebaran penerima sebanyak 1.319.404 Rumah Tangga Sasaran (RTS) pada 1 April 2015.

"Mulai besok dana bantuan akan disalurkan secara bertahap di sejumlah kantor pos wilayah sepuluh Sulawesi dan Maluku," ujar Kepala PT Pos Indonesia Regional X Sulawesi-Maluku, Rahmat Eka di Makassar, Selasa.

Menurut dia pihaknya akan membagikan dana total senilai Rp600 ribu yang diterima RTS, dalam waktu kurang lebih dua bulan ke depan, yakni April-Mei, mengingat instruksi pemerintah sebagai bagian dari kompensasi atas kenaikan Bahan Bakar Minyak.

"Jadi yang akan mendapatkan dana bantuan PKSK adalah pemengang Kartu Perlindungan Sosial atau KPS karena sudah terdaftar. Pembagian akan dijaga ketat aparat kepolisian dan TNI," katanya.

Selain itu pihaknya juga telah menyiapkan tempat penerima dana bantuan khusus orang tua lanjut usia dan penyandang cacat agar tidak terjadi kesalahan pada pembagian sebelumnya.

Ia juga menyebutkan untuk wilayah kepulauan ada sekitar 1.500 RTS juga akan disalurkan secara bertahap dan apabila penerima tidak bisa menjangkau kantor pos maka akan mengantarakan dana bantuan tersebut.

"Kami mengupayakan layanan semaksimal mungkin bilamana ada penerima tidak bisa datang ke kantor pos dengan berhalangan sakit atau sudah berumur (lansia), maka maka tim akan mengantarkan langsung di rumah penerima, karena kami tidak ingin menanggung resiko," sebutnya.

Saat ditanyai jumlah realiasi pada 2014, kata dia mencapai 98 persen sementara dua persennya tidak bisa dijangkau karena berada di wilayah kepulauan serta terkendala cuaca buruk sehingga sulit di berikan langsung.

"Kami menargetkan tahun ini 100 persen relasiasi dana bantuan PSKS, meskipun tahun kemarin tidak maksimal. PT Pos akan berupaya maksimal untuk menyalaurkan bantuan ini pada yang berhak," tambahnya. Agus Setiawan

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024