Makassar (ANTARA Sulsel) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan Masykur Andi Sulthan siap bersaing dengan kader partai politik pada pemilihan kepala daerah serentak di 11 kabupaten akhir tahun ini.

"Tidak masalah apakah yang bersangkutan berasal dari internal partai maupun eksternal. Belum tepat saatnya sekarang memperkirakan peluang setiap kandidat, tetapi semuanya punya peluang," ujarnya di Makassar, Senin.

Masykur Andi Sulthan pada perhelatan pesta demokrasi di 11 kabupaten itu akan meramaikan pilkada di tanah kelahirannya yakni Bulukumba dan bersaing dengan 25 pendaftar bakal calon bupati dari berbagai latar belakang keilmuan.

Dia mengatakan, pada dasarnya semua kandidat mempunyai peluang yang sama untuk maju lewat parpol.

Masykur mengatakan, tingkat elektabilitas sangat menentukan bagi seseorang agar dapat diusung oleh partai politik. Sebab setiap parpol mengandalkan hasil survei dalam menyiapkan kandidat.

"Yang dianggap paling populer di masyarakat, sudah tentu akan dipilih mewakili partai. Hasil survei diperkirakan baru akan muncul mulai Mei mendatang," katanya.

Sejauh ini tercatat ada 26 orang kandidat calon bupati di Bulukumba. Mereka yang berasal dari berbagai latar berlakang rata-rata sudah mendaftar di lebih dari satu partai politik.

Masykur sendiri mengaku telah menyetorkan berkas pendaftarannya di lima partai. Meski enggan menyebutkan kelima partai yang dimaksud, ia berharap banyak dapat diusung oleh Partai Golkar.

"Yang penting sekarang adalah menjalin komunikasi dengan partai. Kalau harapan, pastinya saya diusung oleh partai-partai besar, meskipun tidak semua pastinya," sebutnya.

Provinsi Sulsel akan melaksanakan 11 pilkada serentak pada tahun depan. Ke-11 daerah itu adalah Kabupaten Gowa, Bulukumba, Selayar, Soppeng, Maros, Pangkep, Barru, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja, dan Toraja Utara. Sigit Pinardi

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024