Mamuju (ANTARA Sulbar) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi Sulawesi Barat menyatakan, jalan poros Desa Alu Kecamatan Alu Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulbar, rawan kecelakaan lalu lintas.

"Poros jalan Provinsi di Desa Alu, Kecamatan Alu rawan lakalantas kecelakaan sering terjadi di poros itu karena jalannya berliku dan menanjak di sisinya terdapat jurang, sehingga tahun ini dilakukan antisipasi dengan membangun pagar besi pengaman jalan," kata Kepala Bidang Darat Dishubkominfo Provinsi Sulbar, Ahmad di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, tahun ini Sulbar mendapatkan alokasi anggaran Rp1,5 miliar pada 2015 dari dana alokasi khusus untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) dengan membangun lampu penerangan jalan umum (LPJU), pagar pembatas jalan dan rambu lalu lintas.

"Akan dibangun besi pengaman jalan dan empat unit LPJU mengantisipasi agar tidak lagi terjadi lakalantas, dan terjadi ketertiban kendaraan yang melaluinya," katanya.

Menurut dia, dengan bantuan dana DAK dari pemerintah di Sulbar tersebut juga maka angka kecelakaan diharapkan menurun, khususnya di daerah yang selama ini rawan lakalantas," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah dilakukan survei untuk membangun sarana lampu penerangan jalan umum (LPJU), pagar pembatas jalan dan rambu lalu lintas dititik rawan lainnya di di Sulbar dan akan berkoordinasi dengan pihak seperti Polres dan Dinas perhubungan di setiap Kabupaten di Sulbar.

"Koordinasi dilakukan untuk memastikan titik mana saja yang harus dibenahi ataupun yang butuh perbaikan, agar angka kecelakaan lalu lintas dapat semakin ditekan setiap tahunnya," katanya.

Ia mengatakan, selama ini banyak rambu jalan yang juga sedang mengalami kerusakan, dan semua itu akan dilakukan perbaikannya kedepannya. FC Kuen

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024