Manado (ANTARA Sulsel) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara Vocke Ompi mengatakan masyarakat jangan takut melaporkan jika ada penyelewengan dana alokasi khusus (DAK) di daerah tersebut.

"Saya minta ini dilaporkan, masyarakat jangan hanya diam, harus terlibat untuk mengawasi serta melaporkan jika terjadi penyelewengan," kata Vocke, di Ratahan, Jumat.

Dia mengatakan, saat ini pemerintah sudah sangat serius untuk meningkatkan sektor pendidikan, khususnya dalam penyediaan fasilitas.

Di depan masyarakat, Vocke berjanji akan menyelesaikan dugaan penyelewengan dana jika memang benar-benar terjadi.

"Saya akan telesuri masalah ini, Kepala Sekolah (Kepsek) jangan takut laporkan penyelewengan DAK," tegasnya.

Senada disampaikan anggota DPRD Mitra Nolly Langigi mengatakan anggaran DAK jangan sampai disalahgunakan, atau diselewengkan dengan alasan apa pun.

"Anggaran seperti pendidikan tak bisa diutak-atik, jadi laporkan jika ada penyelewengan, khususnya bagi kepala-kepala sekolah jangan takut untuk melaporkan," tegasnya.

Sebelumnya, ada keluhan dari sejumlah masyarakat di Kecamatan Pasan, Kabupaten Mitra terkait pengelolaan DAK yang menjadi swakelolah sekolah yang dinilai tak sesuai.

Hal ini terungkap, saat anggota DPRD Mitra dari daerah pemilihan (Dapil) dua, melakukan reses di kecamatan tersebut.

"Menurut kami ada yang tak sesuai dalam realisasinya, dan ini yang ingin kami sampaikan ke para anggota dewan. Apalagi yang menjadi swakelolah," ujar sejumlah warga. G. Merung

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024