Parigi, Sulteng (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 40 orang tenaga pramusaji yang akan bertugas pada acara-acara jamuan makan selama Sail Tomini 2015 sudah mendapat pelatihan.

"Kami sudah melatih mereka selama tiga hari dengan melibatkan para instruktur berkompeten dan berpengalaman dari Makassar, Sulawesi Selatan," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwiata Kabupaten Parigi Moutong Mawardin saat dihubungi di Parigi, Minggu.

Menurut dia, pelatihan itu digelar sepekan yang lalu dan mereka dibekali dengan teori-teori dan praktik dalam pelayanan jamuan yang benar.

Para tenaga pramusaji itu semuanya perempuan dan sebagian besar adalah pegawai negeri sipil dan anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten parigi Moutong.

Tugas utama mereka nantinya adalah melayani pada acara 'gala dinner' (makan malam besar) pada puncak acara Sail Tomini 2015 tanggal 19 September yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana, para menteri dan duta besar negara sahabat, sejumlah gubernur dan para pejabat tinggi TNI, Polri tingkat pusat dan daerah.

"Kita siapkan mereka jauh-jauh hari agar kita bisa memberiakn pelayanan maksimum dan berkesan, agar para pengunjung Sail Tomini 2015 nanti makin tertarik untuk datang berwisata ke Parigi Moutong," katanya.

Selama menanti tugas pada puncak acara Sail Tomini, para pramusaji tersebut akan terus dilatih secara tidak resmi melalui praktik-praktik melayani tamu pada berbagai acara jamuan makan yang digelar Pemkab Parigi Moutong.

Mawardin menambahkan bahwa jajaran pemerintah daerah dan masarakat Parigi Moutong akan memanfaatkan semaksimal mungkin perhelatan akbar bahari tingkat internasional ini untuk mempromosikan daerah dan meningkatkan citra daerah ini di mata dunia internasional dan nasional.

Kabupaten Parigi Moutong ditetapkan menjadi tuan rumah Sail Tomini 2015 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 42 Tahun 2014 dengan lokasi puncak acara di Pantai Pangi, Kecamatan Parigi Utara, sekitar 75 kilometer sebelah barat Kota Palu.

Beberapa kegiatan yang akan digelar pada Sail Indonesia ke-7 ini adalah upacara HUT ke-70 Kemerdekaan RI di pulau terluar, pelayaran lingkar nusantara V, reli kapal layar, bhakti kesejahteraan rakyat nusantara, lintas nusantara remaja dan kapal pemuda nusantara, ekspedisi riset kelautan, parade kapal perang dan kapal-kapal nelayan dan pentas-pentas seni dan budaya serta pameran daneminar.

Sail Tomini 2015 direncanakan akan diluncurkan secara nasional di mall Epiwalk Hotel Epicentrum Kuningan, Jakarta pada 5 Mei 2015 oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan dihadiri sejumlah menteri lainnya seperti Menko Kemaritiman, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pariwisata, duta besar negara sahabat serta sejumlah gubernur. M.M. Astro

Pewarta : Rolex Malaha
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024