Mamuju (ANTARA Sulbar) - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat mendesak para pemangku kepentingan di daerah itu untuk segera meningkatkan status Kabupaten Mamuju menjadi Kotamadya.

"Komisi II DPR-RI dalam kunjungannya ke Sulbar beberapa waktu lalu telah mendesak agar pemerintah di Sulbar dan pemerintah di Mamuju untuk mewujudkan Mamuju menjadi Kotamadya, " kata ketua DPC PKB Mamuju, Muhammad Bakri Bestari di Mamuju, Minggu

Ia mengatakan, pemerintah mesti segera mempersiapkan segala bentuk kebutuhan menjadikan Kabupaten Mamuju ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya.

"Kami berharap Mamuju sebagai ibukota Provinsi Sulbar segera menjadi Kotamadya," katanya.

Menurut dia, peningkatan status Mamuju menjadi Kotamadya bukan untuk kepentingan administrasi saja, tetapi untuk kemajuan ekonomi daerah, apalagi Mamuju posisinya sangat starategis karena diapit oleh provinsi lain di Indonsia, seperti Provinsi Sulsel, Sulteng, dan sejumlah provinsi lainnya di Kalimantan seperti Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan yang mendukung ekonomi daerah ini maju dan berkembang.

"Mamuju dapat menjadi pusat perniagaan, mendorong ekonomi daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sehingga Pemkab Mamuju dapat berkoordinasi dengan Pemprov Sulbar merealisasikan Mamuju menjadi Kotamadya, agar pembangunan di Sulbar semakin berkembang.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh telah menyatakan pemerintah di Sulbar sebelumnya telah diminta pemerintah melakukan upaya meningkatkan status Mamuju menjadi kotamadya sebanyak dua kali dimasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Pemerintah di Sulbar segera akan melakukan koordinasi dengan pemerintah di Mamuju mengenai upaya peningkatan status Mamuju menjadi Kotamadya karena sudah menjadi keharusan," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024