Mamuju (ANTARA Sulbar) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat bakal segera merekrut sedikitnya 108 orang untuk menjadi petugas Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan yang tersebar pada empat kabupaten yang akan melangsungkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Desember 2015.

"Pelaksanaan Pilkada serentak terbilang sudah di depan mata. Maka dari itu, kami instruksikan supaya proses perekrutan itu dilaksanakan paling lambat bulan depan. Rencananya, pelaksanaan tertulis bagi calon Panwaslu Kecamatan akan digelar serentak pada 9 Juni di masing-masing Kabupaten," kata Ketua Bawaslu Sulbar, Busran Riandi di Mamuju, Rabu.

Menurutnya, rekruitmen pengawas ini tidak boleh molor apalagi tahapan Pemilukada sudah mulai berjalan belum lagi alat peraga kampanye dari kandidat yang berkeinginan untuk ambil bagian telah mulai marak.

Busran yang juga mantan jurnalis ini mengatakan, pelaksanaan tes tertulis rekruitmen Panwaslu Kecamatan tersebut akan dipantau langsung perwakilan dari Bawaslu RI.

"Pemantauan Bawaslu RI dalam proses rekruitmen Panwaslu kecamatan merupakan langkah maju karena ada keinginan untuk melihat langsung proses penjaringan ini. Kita berharap, proses rekruitmen Panwaslu itu menghasilkan petugas Panwaslu yang memiliki integritas dalam melaksanakan tugasnya," kata Busran.

Ia menyebutkan, metode rekruitmen pun akan diperketat sehingga kelak melahirkan Panwaslu Kecamatan yang benar-benar berkualitas dan mampu memahami apa yang menjadi tugas Panwaslu.

"Rekruitmen itu harus memperhatikan tanggapan dan masukan dari masyarakat. Misalnya, ada calon Panwaslu Kecamatan yang terindikasi punya aviliasi dengan kandidat tertentu, itu yang harus kita cari kebenarannya. Untuk persoalan tersebut, kita akan koordinasikan dengan teman-teman KPU," ujar Busran Riandi.***2***



(T.KR-ACO/B/A034/A034) 27-05-2015 21:19:24

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024